Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Rizal)
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Rizal)

Rabobank akan Ditutup, Nasabah Tak Perlu Khawatir

Ekonomi ojk Rabobank
Nia Deviyana • 07 Juni 2019 13:39
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan proses penutupan PT Bank Rabobank Indonesia International (RII) bakal berjalan lancar. Nasabah tidak perlu khawatir terkait dana yang disimpannya.
 
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan pihak Rabobank sudah menyetor sejumlah dana kepada Bank Indonesia (BI), yang nantinya akan digunakan apabila nasabah akan mengambil uangnya.
 
"Saya rasa prosesnya akan lancar. Pihak Rabobank juga sudah menaruh uang di BI untuk mem-back up dana pihak ketiga yang akan ditarik nasabah," ujar Heru yang ditemui usai halal-bihalal di kediaman Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah, di Jalan Sriwijaya 1 No. 10, Jakarta Selatan, Kamis, 6 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun untuk pengambilan uang nasabah, Rabobank akan bekerja sama dengan sejumlah bank pemerintah seperti Mandiri, BTN, BRI, dan BNI, kemudian mengalihkan nasabah untuk mengambil dananya di bank-bank tersebut.
 
Rabobank, lanjut Heru, menutup operasinya lantaran bakal mengubah model bisnisnya dari ritel menjadi korporasi sehingga harus menutup sejumlah operasinya, termasuk di Indonesia sebagai langkah efisiensi. Dengan demikian Rabobank akan beroperasi langsung dari Singapura.
 
Heru mengatakan, sejauh ini Rabobank belum mengajukan surat penutupan ke OJK. Namun, Heru mengaku sudah bertemu dengan perwakilan bank untuk membicarakan hal tersebut.
 
"Managing director mereka dari Belanda sudah menemui saya, minta izin bahwa tidak akan meneruskan usaha karena beberapa alasan. Salah satunya mengganti model bisnis," jelas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif