Illustrasi. Medcom/Panca S.
Illustrasi. Medcom/Panca S.

Harga Bawang Putih Masih Tinggi

Ekonomi Bawang Putih
Ilham wibowo • 07 Mei 2019 14:35
Jakarta: Pada hari kedua Ramadan permintaan bawang putih di masyarakat terbilang masih cukup tinggi. Kondisi ini turut memengaruhi lonjakan harga di berbagai pasar tradisional daerah.
 
Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan harga bawang putih saat ini juga mencapai titik tertinggi. Bahkan di beberapa daerah harga komponen bumbu masakan ini masih bertengger di Rp100 ribu per kilogram (kg).
 
"Bawang putih per hari ini secara nasional masih di angka Rp70 ribu per kg, itu masih tinggi karena permintaan masih belum ada penurunan, di beberapa titik masih ada yang tembus Rp100 ribu," kata Abdullah kepada Medcom.id, Selasa, 7 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional harga bawang putih sedang di wilayah DKI Jakarta pada 7 Mei 2019 berada pada Rp87.500 per kg. Angka tersebut lebih tinggi dibanding 6 Mei 2019 seharga Rp83.350 per kg.
 
Menurut Abdullah, intervensi pasokan stok yang dilakukan pemerintah hanya terbatas di titik tertentu seperti di pasar induk. Pengaruhnya terhadap harga secara nasional pun belum cukup terasa signifikan.
 
"Sudah masuk itu beberapa stok dari Kementerian Pertanian tapi itu tidak bisa menekan harga karena dilakukan pas kebutuhan tinggi, jadi tidak cukup berpengaruh secara nasional," ungkapnya.
 
Upaya pemerintah menstabilkan harga melalui kebijkan impor mestinya bisa jadi pereda kenaikan harga di tingkat pengecer. Namun, kebijakan itu dianggap terlambat lantaran cadangan stok bawang putih tak seimbang dengan permintaan masyarakat.
 
"Sudah 60 persen kenaikan permintaan pada hari pertama dan kedua Ramadan, ini otomatis harganya akan bertahan meskipun diguyur ratusan ribu ton bawang putih," paparnya.
 
Ia mengharapkan pemerintah langsung melakukan operasi harga di samping operasi pasar di sejumlah daerah. Dengan begitu, kata Abdullah, harga bawang putih bisa berada pada titik normal kembali terutama jelang Lebaran.
 
"Jangka pendek perlu terus dilakukan penekanan harga dengan cara mengguyur stok ke pasar tradisional, bukan dengan operasi pasar tapi dengan operasi pengendalian harga," ucapnya.
 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif