Menko Perekonomian Darmin Nasution - - Foto: Medcom.id/ Annisa Ayu
Menko Perekonomian Darmin Nasution - - Foto: Medcom.id/ Annisa Ayu

Darmin Optimistis Inflasi 2019 Lebih Rendah

Ekonomi inflasi pertumbuhan ekonomi inflasi deflasi menko perekonomian bps
Eko Nordiansyah • 02 Januari 2019 12:53
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimistis inflasi 2019 akan lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Bahkan inflasi diyakini bisa lebih rendah dari target yang ditetapkan sebesar 3,5 persen.

"Saya yakin inflasi kita akan di bawah tahun lalu. Itu menunjukkan kita semakin berhasil mengendalikan inflasi," katanya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kawasan SCBD, Jakarta, Rabu 2 Januari 2019.

Menurutnya, pemerintah bisa saja menggeser target inflasi ke arah yang lebih rendah lagi. Apalagi di awal 2019, gejolak inflasi tidak akan dipengaruhi oleh kenaikan harga beras sebagaimana 2018 lalu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Kita bisa kendalikan dengan baik, awal tahun lalu inflasi kita tinggi banget, waduh kalau lihat Januari sudah cemas kita. Tapi di Februari Maret negatif inflasinya, deflasi, tahun ini kita akan usaha seperti itu lagi," jelas dia. Untuk awal tahun, Darmin memperkirakan inflasi akan banyak dipengaruhi oleh tarif angkutan. Sementara inflasi pangan yang tahun lalu dipengaruhi oleh harga beras, akan sedikit dipengaruhi oleh harga telur ayam.

"Kelihatan pada awal tahun ini, (inflasi dipengaruhi) tarif angkutan. Ironinya harga telur ayam malah meningkat. Meski begitu, inflasi kita tahun ini pasti lebih rendah dengan tahun lalu," pungkasnya.

Pada 2018, inflasi tercatat sebesar 3,13 persen secara tahun ke tahun (yoy) atau di bawah target 3,5 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Inflasi 2018 lebih rendah jika dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 3,61 persen.


(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi