Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar. Foto: dokumentasi Kementerian DPDT&T.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar. Foto: dokumentasi Kementerian DPDT&T.

Menteri Desa: Transmigrasi Buka Daerah Terisolasi

Mohammad Adam • 21 Agustus 2015 17:33
medcom.id, Jakarta: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar, meresmikan pemberangkatan para transmigran ke Sulawesi Tengah. Sebanyak 30 kepala keluarga dengan total 114 jiwa telah berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Desa Saembalawati/Kancu, Poso, Sulawesi Tengah.
 
Dalam keterangan tertulis, Marwan menyatakan harapannya bahwa transmigran mesti giat bekerja untuk meraih cita-cita di tanah impian.
 
"Transmigran ini bukan masyarakat pinggiran. Transmigran bukan orang buangan dan bukan orang terbelakang. Justru mereka adalah masyarakat maju yang siap berjuang dengan penuh ketekunan," ujar Marwan, Jumat (21/8/2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para transmigran, ia melanjutkan, adalah sosok yang berjasa membangun bangsa dengan membuka isolasi daerah yang belum tersentuh pembagunan. Karena itu, transmigrasi harus digalakkan dan didukung penuh sebagai wujud syukur kita terhadap karunia tuhan.
 
"Bonus demografi yang dikaruniakan tuhan kepada negeri kita harus dikelola. Dan transmigrasi inilah yang membuka daerah terisolir, daerah yang belum tersentuh pembangunan menjadi daerah makmur dan berkembang pesat," kata Marwan.
 
Menteri dari Pati, Jawa Tengah ini tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Jawa Timur dan Jawa Barat yang ikut mengkoordinasikan masyarakatnya menjadi transmigran. Berikutnya,  jumlah transmigran ini harus ditingkatkan sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo yang terus menggenjot pembangunan di daerah-daerah tertinggal, kawasan yang belum maju, khususnya daerah perbatasan.
 
"Komitmen pemerintahan  pimpinan Presiden Jokowi bahwa volume transmigran harus ditingkatkan. Kalau bisa Jatim jangan hanya 30 KK tapi satu juta orang transmigran," kata Marwan disambut tepuk tangan para transmigran.
 
Ia menambahkan, memang tidak mudah meninggalkan kampung halaman. Tak mudah jauh dari sanak saudara untuk membangun daerah baru yang jauh. Namun, jangan khawatir. Karena pemerintah saat ini akan terus bersama para transmigran. Pemerintah akan membatu agar transmigran sukses dan hidup makmur.
 
"Kami buatkan lahan pertanian, lahan peternakan, juga bangun kerajinan dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan lain sebagainya. Pemerintah pimpinan Presiden Jokowi akan ikut bersama transmigran," kata Marwan.
 
(ADM)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif