Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id.

Suntikan Modal Negara Terbesar ke PLN dan Hutama Karya

Ekonomi pln pmn hutama karya kementerian bumn
Annisa ayu artanti • 02 Desember 2019 12:06
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan dalam lima tahun terakhir suntikan modal dari negara atau Penyertaan Modal Negara (PMN) terbesar diberikan kepada PT PLN (Persero) dan PT Hutama Karya (Persero).
 
Erick menyebutkan total PMN yang tersalurkan dari 2015 hingga 2019 sebesar Rp105,5 triliun. Sebanyak 55 persen dari PMN disuntikkan kepada kedua perusahaan pelat merah tersebut.
 
"55 persen dari dana tersebut lebih terserap di dua perusahaan PLN dan Hutama Karya," kata Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR-RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erick merincikan selama lima tahun pemerintah menyuntikkan modal ke PLN sebanyak Rp35,1 triliun atau sebesar 33 persen dari total PMN yang disalurkan.
 
Penggunaan dana segar pemerintah tersebut digunakan PLN untuk penugasan pemerintah, pembangunan proyek-proyek seperti pembangkit, transmisi, dan distribusi gardu induk, serta pemerataan akses tenaga listrik.
 
Sementaara untuk Hutama Karya, pemerintah telah menyalurkan anggaran sebesar Rp16,1 triliun atau sekitar 15 persen untuk menjalankan penugasan pemerintah, pembangunan jalan tol trans Sumatra ruas Pekanbaru-Dumai dan Tebanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.
 
Pada 2019, lanjut Erick, PLN masih membutuhkan PMN sebesar Rp6,5 triliun dan Hutama Karya sebesar Rp10,5 triliun. Suntikan dana tersebut untuk pemerataan kelistrikan dan pembangunan jalan tol trans Sumatra.
 
"2019 ini, PLN membutuhkan PMN sebesar Rp6,5 triliun dan sudah terlaksana Rp2,5 triliun yang sudah masuk pada saat itu untuk pelayanan listrik masuk desa. dan tentu PMN 2019 ada Hutama Karya yang saya rasa sangat besar Rp10,5 triliun untuk pembangunan ruas tol Sumatra," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif