Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Air Asia Klaim Harga Tiketnya Sudah Murah

Ekonomi airasia
Annisa ayu artanti • 24 Juni 2019 20:12
Jakarta: Air Asia Indonesia mengklaim harga tiket pesawat miliknya masih murah meskipun pemerintah mengimbau maskapai low-cost carrier (LCC)menurunkan harga tiket untuk rute tertentu.
 
"Terkait dengan imbauan pemerintah penurunan tarif LCC, yang selalu kami sampaikan adalah kami juga tidak turunkan harga kam. Selama ini kami selalu yang paling terjangkau," kata Direktur Utama Air Asia Dendy Kurniawan saat publik expose di kawasan Blok M, Jakarta, Senin, 24 Juni 2019.
 
Dendy menjelaskan dibandingkan dengan harga tiket maskapai lain harga tiket Air Asia juga selalu lebih murah. Air Asia juga mengklaim sering mengadakan promo. Menurutnya, harga tiket Air Asia sudah sesuai dengan yang ditentukan pemerintah yaitu tidak pernah melebihi tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tidak akan jual lebih dari TBA dan lebh rendah dari TBB. Harga kami tarif kami masih yang paling terjangkau saya rasa," ujar dia.
 
Dendy melanjutkan harga tiket murah yang ditawarkan Air Asia lantaran perusahaan banyak melakukan efisiensi. Perusahaan melakukan efisiensi dengan hanya mengoperasikan satu tipe jenis pesawat Airbus A-320.
 
"Satu tipe pesawat ini memudahkan managing human resources. Sertifikat pilotnya cuma itu. Jadi ini nilai plus kami dibandingkan maskapai lain yang operasikan pesawat lain, tidak bisa menggantikan pilot cadangan. Itu dari sisi kru. Kedua, dari sisi spare part yang invetory juga sedikit. Lebih hemat," jelas dia.
 
Selain itu, Air Asia Indonesia merupakan bagian dari Air Asia Group, dimana Air Asia ini telah beroperasi dibeberapa negara di Asia. "Dengan beroperasi yang besar, economic scalenya tercapai," ucap dia.
 
Dendy juga membeberkan rahasia yang membuat harga tiket murah adalah perusahaan memaksimalkan utilisasi pesawat. Dengan utilisasi tinggi maka akan membuat cost akan lebih rendah.
 
"Dengan utilidasi tinggi ini, cost kami efisiensi," tukas dia.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif