Illustrasi. Dok : MI/Panca.
Illustrasi. Dok : MI/Panca.

Gerai Ritel Hasilkan 9,85 Miliar Sampah Plastik Setahun

Ekonomi Tumpukan Sampah Plastik
Desi Angriani • 02 Juli 2019 20:08
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut 90 ribu gerai ritel modern di Tanah Air menghasilkan 9,85 miliar lembar sampah kantong plastik per tahun. Data tersebut diperoleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
 
"Sebanyak 9,85 miliar lembar sampah plastik dihasilkan gerai ritel modern setiap tahun," ujar Ani sapaanya dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa, 2 Juli 2019.
 
Ani menjelaskan komposisi sampah plastik di Indonesia juga meningkat seiring tingginya konsumsi kantong plastik. Sampah plastik pada 2013 menyumbang 14 persen dari total sampah di Indonesia. Angka tersebut naik menjadi 16 persen pada 2016.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau 2013 jumlah sampah plastik hanya 14 persen dari total sampah 2016 dengan kenaikannya menjadi 16 persen," ungkap dia.
 
Menurut Ani, sampah plastik membutuhkan waktu hingga 500 tahun untuk dapat terurai. Hal inilah yang menyebabkan sampah plastik tidak bisa diserap tanah sehingga menimbulkan polusi atau kerusakan lingkungan. Bahkan menumpuknya sampah plastik dilautan telah mengakibatkan kematian hewan laut seperti penyu, hiu hingga burung.
 
Menurut dia, hal tersebut tidak hanya menjadi ancaman bagi lingkungan tetapi juga efek buruk bagi kelangsungan hidup manusia, binatang dan lainnya. "Bahkan ikan-ikan yang kita anggap sebagai makanan yang sehat pun ternyata tidak terbebas dari sampah plastik," ungkapnya.
 
Karena itu, Ani mengusulkan besaran tarif cukai plastik sebesar Rp30 ribu per kilogram atau Rp200 per lembar dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI tersebut. Pengenaan tarif cukai plastik pada industri maupun masyarakat merupakan upaya pemerintah dalam mengendalikan dan mengurangi sampah plastik.
 
"Jika itu diterapkan maka effect inflasinya kecil yaitu, 0,045 persen," kata Ani.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif