Maret, Ekonom Perkirakan Suku Bunga Acuan Tidak Berubah
Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta (MI/ROMMY PUJIANTO)
Jakarta: Economist Group Research DBS Bank Gundy Cahyadi memperkirakan Bank Indonesia (BI) cenderung mempertahankan suku bunga tidak berubah pada 4,25 persen di minggu ini. Sedangkan gerak inflasi tetap baik dalam target bank sentral untuk saat ini.

"Ada beberapa risiko dari lintasan harga minyak mentah ke depan. Namun jika harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri terjaga, kami memperkirakan ekspektasi inflasi akan tetap rendah," kata Gundy, seperti dikutip dari risetnya, di Jakarta, Sabtu, 17 Maret 2018.

Namun, lanjutnya, yang lebih memprihatinkan adalah pelemahan nilai tukar rupiah belakangan ini. BI siap mempertahankan kehadirannya yang aktif di pasar, namun mungkin akan menunda kenaikan suku bunga pada saat ini.



Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 14-15 Februari 2018 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate tetap sebesar 4,25 persen, dengan suku bunga Deposit Facility tetap sebesar 3,50 persen, persen, dan Lending Facility tetap sebesar 5,00 persen, berlaku efektif sejak 19 Februari 2018.

Pertumbuhan ekonomi global 2018 diperkirakan meningkat dan diikuti dengan kenaikan harga komoditas dunia. Peningkatan pertumbuhan ekonomi global bersumber dari perbaikan ekonomi negara maju dan negara berkembang yang lebih kuat dari perkiraan semula.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360