Kuartal I-2018

Adira Finance Catat Porsi Pembiayaan Mobil Penumpang Capai 60%

Angga Bratadharma 05 Mei 2018 13:03 WIB
multifinanceadira dinamika multifinance
Adira Finance Catat Porsi Pembiayaan Mobil Penumpang Capai 60%
Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli (Foto: Medcom.id/Angga Bratadharma)
Jakarta: PT Adira Dinamika Multifinance Tbk atau Adira Finance mencatat porsi pembiayaan mobil penumpang (passenger car) hingga kuartal I-2018 mencapai 60 persen dari total pembiayaan. Sedangkan pembiayaan komersial memiliki porsi 40 persen terhadap total penyaluran pembiayaan mobil baru.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli mengatakan pembiayaan kompersial telah meningkat cukup pesat dibandingkan dengan tahun lalu termasuk kontribusi komersial terhadap total pembiayaan. Namun, tidak ditampik porsi tersebut telah menurun lantaran pernah menyentuh porsi 70 persen terhadap total penyaluran Adira Finance.

"Komersial kita cukup besar karena porsinya sekitar 40-50 persen untuk pembiayaan mobil baru. Tapi, itu juga turun banyak dibandingkan dengan 3-4 tahun sebelumnya. Dulu didominasi komersial dan bisa sampai 70 persen porsinya," kata Hafid, ketika ditemui Medcom.id dalam sebuah kesempatan, di Jakarta, Jumat, 4 Mei 2018.

Namun, lanjutnya, karena situasi dan kondisi ekonomi setelah itu mulai melambat maka Adira Finance memutuskan untuk fokus mengembangkan kelas passenger. Strategi itu membuahkan hasil lantaran porsi pembiayaannya kini sudah mencapai 60 persen dibandingkan dengan sebelumnya yang hanya mencapai 30 persen terhadap total portofolio mobil baru.

"Komersial kita tetap naik tapi kalau sampai balik ke porsi 70 persen tidak karena kita sekarang juga fokus di passenger. Porsi passenger kita sudah 50-60 persen," tukas Hafid.

Pada kuartal I-2018, lanjut Hafid, Adira Finance telah menyalurkan pembiayaan untuk 402 ribu kontrak baru dengan nilai total mencapai Rp8,7 triliun. Dari jumlah kontrak tersebut, terdapat 165 ribu unit sepeda motor baru dan 13 ribu unit mobil baru yang dibiayai Adira Finance.

Ini memberikan pangsa pasar bagi Adira Finance sebesar 11,3 persen untuk sepeda motor baru dan 4,4 persen untuk mobil baru. Portofolio sepeda motor adalah sejumlah Rp4,2 triliun, mobil sejumlah Rp3,9 triliun, serta barang rumah tangga (durables) dan lainnya sejumlah Rp588 miliar.

Dengan demikian, masih kata Hafid, pembiayaan sepeda motor merupakan kontributor utama pembiayaan baru Adira Finance yakni sebesar 48 persen, diikuti oleh pembiayaan mobil sebesar 45 persen. serta sisanya adalah barang-barang rumah tangga (durables) dan lainnya.

"Pendorong pertumbuhan penyaluran pembiayaan yang terbesar adalah pada produk mobil baru dan sepeda motor baru," pungkas Hafid Hadeli.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360