"Traffic yang sekarang mencapai 10 ribu kontainer ke Cikarang bisa dikurangi antara 10-20 persen lewat CBL," kata Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Elvyn G. Masassya di Nusa Dua, Bali, Jumat 12 Mei 2017.
Menurut dia, kanal akan dibuat sepanjang 30 kilometer dan dilengkapi terminal. Satu kapal tongkang yang melintas di jalur ini nantinya dapat membawa 100-200 kontainer.
Dia menjelaskan, cara ini akan lebih efisien dibanding mengandalkan truk kontainer. Biaya logistik diyakini bisa berkurang antara 10-20 persen. "Lebih cepat sampai, lebih murah dan jalan layangnya lebih terkelola," jelas dua.
Kanal CBL ditargetkan rampung pada 2019 dengan total biaya Rp3,6 triliun. "Proses untuk proyek ini harus mendapatkan lisensi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang punya kanalnya. Sekarang sudah proses, termasuk amdal dan lainnya," kata Elvyn.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id