Ilustrasi. Foto: MI/RAMDANI
Ilustrasi. Foto: MI/RAMDANI

Nasabah Pegadaian Tumbuh 30,2 Persen

Ekonomi pegadaian laporan keuangan
Ilham wibowo • 13 Februari 2020 14:54
Jakarta: PT Pegadaian (Persero) mencatat pertumbuhan positif dengan kenaikan jumlah nasabah sepanjang 2019 sebesar 30,2 persen. Capaian tersebut berada di atas rata-rata pertumbuhan di lembaga keuangan.
 
"PT Pegadaian mengalami petumbuhan sangat bagus, saat ini sudah memiliki 13,8 juta nasabah, naik 3,2 juta atau 30 persen lebih dibanding 2018 ini bagus di tengah kesulitan bank maupun nonbank," kata Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto dalam pemaparan kinerja 2019 di Hotel Pullman, Jakarta, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Ia mengatakan sinergi dan kolaborasi dengan mitra bisnis mendorong pertumbuhan jumlah nasabah Pegadaian menjadi 13,86 juta pada akhir 2019. Sementara itu, jumlah pemilik tabungan emas menjadi 4,6 juta nasabah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tabungan emas memang tidak ada bunga tapi kenaikan harga emas di tahun-tahun ini lebih bagus dibandingkan deposito," ungkapnya.
 
Kuswiyoto menambahkan perseroan terus melakukan digitalisasi proses bisnis untuk meningkatkan kualitas layanan serta aktif menggencarkan sinergi dan kolaborasi dengan ratusan mitra dan instansi di berbagai daerah di Indonesia. Sinergi dan kolaborasi tersebut telah memberi kontribusi dalam peningkatan kinerja Pegadaian.
 
Sepanjang 2019 hingga Februari 2020, Pegadaian telah menjalin sinergi dan kolaborasi dengan 541 instansi, yang terdiri dari 133 instansi pemerintah, 84 instansi BUMN, 210 instansi swasta, dan 114 instansi perguruan tinggi baik swasta maupun negeri.
 
Sinergi dan kolaborasi tersebut, kata dia, merupakan tidak lanjut program Sinergi BUMN dalam meningkatkan nilai tambah untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, langkah tersebut juga sebagai tindak lanjut untuk meningkatkan penetrasi bisnis gadai ke seluruh wilayah Indonesia.
 
"Kami ingin menggaris bawahi betapa pentingnya sebuah sinergi dan kolaborasi. Sinergi dan kolaborasi memiliki manfaat yang luar biasa, karena sangat menguntungkan, tidak hanya bagi Pegadaian tetapi juga bagi mitra dan masyarakat luas," papar Kuswiyoto.
 
Lebih lanjut, Kuswiyoto menambahkan bahwa pada 2020 ini, Pegadaian akan terus menghadirkan inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan kinerja bisnis. Hal ini agar selaras dengan Visi Pegadaian yaitu Menjadi The Most Valuable Financial Company di Indonesia dan Sebagai Agen Inklusi Keuangan Pilihan Utama Masyarakat Indonesia.
 
Pegadaian juga aktif melaksanakan program CSR yang bertema Pegadaian Bersih-bersih meliputi Bersih Lingkungan, Bersih Hati, dan Bersih Administrasi. Salah satu program unggulannya adalah program Memilah Sampah, Menabung Emas. Program yang diberi nama The Gade Clean & Gold ini sejalan dengan program Indonesia Bersih yang dicanangkan oleh pemerintah.
 
"Kami berharap Pegadaian akan terus memberi kontribusi yang besar bagi masyarakat, menggerakkan perekonomian nasional, serta mendorong meningkatnya inklusi keuangan di tanah air," tutup Kuswiyoto.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif