Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo. Foto: MI/Ramdani
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo. Foto: MI/Ramdani

Wamen Angela Ungkap 4 Langkah Strategis Majukan Pariwisata

Ekonomi pariwisata
Medcom • 11 Februari 2020 18:00
Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan empat langkah strategis guna membangun dan memajukan pariwisata di daerah.
 
Keempat langkah tersebut dipaparkan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat rapat kerja dengan Komite III DPD RI di Senayan, Jakarta, Selasa 11 Februari 2020.
 
"Pertama, berkaitan dengan safety issue, bagaimana wilayah-wilayah harus aman untuk para wisatawan. Mitigasi bencana harus ada dan kita harus siap, karena kita sudah punya mapping-nya," ujar Angela.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, peningkatan kebersihan. Sarana dan prasarana umum seperti toilet harus bersih, sehingga wisatawan yang datang merasa nyaman.
 
"Ketika kita membangun sesuatu, manajemennya juga harus diperhatikan. Jangan bangun terus rusak, tapi di-maintain sehingga bisa long lasting," ujarnya.
 
Ketiga, mempercepat penyusunan Rencana Induk Pariwisata Nasional Terpadu (Ripandu), sehingga bisa segera diimplementasikan.
 
"Kami akan mengerjakan Ripandu, yaitu masterplan pariwisata secara nasional. Ini sifatnya long term, tetapi sangat implementatif," tutur Angela.
 
Kempat, membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di sektor pariwisata.
 
"Kita membangun SDM dengan berbagai cara. Dengan politeknik, dengan kerja sama prodi, sertifikasi, training-training dan sebagainya," katanya.
 
Angela menyebut pembangunan pariwisata di daerah akan diselaraskan dengan kearifan budaya lokal. Untuk itu, rapat kerja dengan DPD dirasa penting agar benar-benar bisa memahami kondisi di setiap daerah.
 
"DPD sangat mewakili daerah-daerah, 34 provinsi. Mendengarkan aspirasi dari kawan-kawan ini sangat penting, sehingga kami dalam mengembangkan pariwisata selaras dengan keinginan masyarakat setempat, dilandasi dengan kearifan budaya lokal," katanya.
 
Komite III DPD mengungkapkan komitmen untuk membantu Kementerian Parekraf membangun dan memajukan pariwisata di Tanah Air.
 
"Kita saling mendukung. Berbagai persoalan menjadi PR kita bersama. Komite III dan DPD akan mendukung agar tugas dan program Kementerian Pariwisata dapat berjalan maksimal," kata Ketua Komite III DPD Bambang Sutrisno.
 
Dia mengungkapkan DPD telah memberikan informasi, terkait dengan potensi setiap daerah yang bisa dikembangkan.
 
"Jadi, kementerian bisa mengelola dengan maksimal, berbeda satu tempat dengan tempat yang lain," katanya.
 

 

(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif