ASDP kirim KMP Jatra III untuk evakuasi penduduk Pulau Sebesi. (FOTO: dok ASDP Indonesia)
ASDP kirim KMP Jatra III untuk evakuasi penduduk Pulau Sebesi. (FOTO: dok ASDP Indonesia)

ASDP Kirim KMP Jatra III Bantu Evakuasi Penduduk Pulau Sebesi

Ekonomi asdp Tsunami di Selat Sunda
Ade Hapsari Lestarini • 26 Desember 2018 12:45
Bakauheni: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengerahkan KMP Jatra III,dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pulau Sebesi untuk mengevakuasi penduduk di pulau tersebut pada hari ini.
 
Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Imelda Alini mengatakan bantuan ini sebagai wujud komitmen BUMN Hadir untuk Negeri sekaligus bentuk kepedulian sebagai BUMN transportasi laut.
 
Dia mengatakan ASDP merespons cepat kondisi darurat pascatsunami dalam mendukung proses evakuasi bagi masyarakat di pulau yang berada dekat dengan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, dalam halini Pulau Sebesi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mengerahkan KMP Jatra III yang telah bertolak hari ini pukul 06.46 WIB dan tiba di Pulau Sebesi pada pukul 09.45 WIB untuk membantu proses evakuasi penduduk Pulau Sebesi yang merasa khawatir dengan adanya aktivitas Gunung Anak Krakatau," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 26 Desember 2018.
 
Pihaknya berharap, dengan dukungan penyediaan kapal ASDP dapat membantu proses evakuasi sehingga penduduk Pulau Sebesi untuk sementara berada di lokasi yang aman.
 
"Diperkirakan, 991 orang penduduk Pulau Sebesi yang dievakuasi dan akan tiba di Bakauheni sekitar pukul 12.00 WIB siang ini. Kami melihat kelegaan di wajah para pengungsi pascatsunami, penduduk Pulau Sebesi setiap hari bolak-balik ke gunung karena khawatir akan datangnya tsunami susulan dengan keterbatasan makanan dan minuman," tambah dia.
 
Rencananya, di Pelabuhan Bakauheni, penduduk yang dievakuasi akan disambut oleh ASDP dan Pemda setempat yang telah menyediakan makan siang dan bus. Lalu segera diberangkatkan ke lokasi pengungsian yang aman di daerah Kalianda, Lampung Selatan.
 
Pulau Sebesi merupakan pulau berpenghuni terdekat dengan Gunung Anak Krakatau dengan jarak sekitar tujuh nautical mile. Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda turut memicu kekhawatiran warga di Pulau Sebesi, Lampung Selatan, di mana terdengar suara letusan Gunung Anak Krakatau yang terjadi terus-menerus.
 
ASDP turut prihatin dan berbelasungkawa atas bencana tsunami yang melanda wilayah Labuan, Banten serta Lampung Selatan pada Sabtu malam, 22 Desember 2018 yang menimbulkan banyak korban jiwa.
 
Beberapa hari sebelumnya, ASDP melalui program PKBL, juga telah mengirimkan bantuan berupa sembako, susu, dan perlengkapan anak sehari-hari untuk para korban tsunami dan pengungsi yang disalurkan ke tiga posko yakni, Posko Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan Posko PMI.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif