Kenaikan Harga Telur Ayam karena Turunnya Produktivitas
Telur Ayam. MI/ANGGA YUNIAR.
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjelaskan harga telur ayam yang melambung tinggi di beberapa pasar hingga mencapai Rp31 ribu per kilogram (kg) jauh dari harga acuan Rp22 ribu karena produktivitas ayam petelur mengalami penurunan.

Hal tersebut karena kebijakan pemerintah untuk tidak lagi mengunakan antibiotik bagi pakan ayam bernama Antibiotic Growth Promoter (AGP).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menuturkan harga telur ayam pada H-7 Lebaran meningkat. Pihaknya telah meminta masing-masing peternak untuk mengendalikan harga, sehingga harga telur dan harga ayam stabil. Namun setelah Lebaran, rata-rata harga telur ayam yang diprediksi turun nyatanya justru melambung tinggi.

"Ini juga dilakukan penelitian oleh dinas dan kementerian, kita sepakat kurangi kadar obat-obatan agar lebih sehat, terutama antibiotik, tapi cukup berisiko," jelasnya saat konferensi pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin, 16 Juli 2018.

Selain faktor tersebut, tambah dia, lamanya masa liburan turut memberi andil pada kenaikan harga telur. Hal tersebut karena para pertenak telur memilih libur lebih dini, sehingga produktivitas telur minim.

"Dari sisi suplai ke pasar sampai ke konsumen terjadi pengurangan yang diakibatkan masa libut yang panjang, ternyata mereka yang kerja di peternakan juga mau cuti," tambahnya.

Lebih lanjut, politikus NasDem tersebut mengaitkan cuaca ekstrem yang melanda di beberapa daerah menyebabkan produktivitas ayam petelur menurun.

Sehingga dari beberapa faktor tersebut menyebabkan kenaikan harga telur melejit. Namun pihaknya memastikan harga telur akan mengalami penurunan dalam waktu dekat secara bertahap. "Faktor-faktor inilah yang berakumulasi hingga menganggu distribusi," pungkasnya.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id