Illustrasi. MI/Bary Fatahilah.
Illustrasi. MI/Bary Fatahilah.

Harga Ayam Anjlok, Pemerintah Catat Broker di Peternakan

Ekonomi harga ayam
Desi Angriani • 01 Juli 2019 17:18
Jakarta: Anjloknya harga ayam ras potong di tingkat peternak ditengarai akibat ulah broker. Para pelaku usaha yang menjadi perantara di sektor peternakan ini pun bakal dicatat guna menekan pengendalian harga.
 
"Maka itu kami ingin catat mereka. Broker (middleman) itu harus resmi," ujar Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita saat ditemui di Kementerian bidang Perekonomian, Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.
 
Menurutnya para broker di peternakan selama ini bergerak bebas tanpa ada pengawasan ketat dari pemerintah. Sementara peran mereka cukup besar dalam mengendalikan harga di pasaran.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan begitu, ketika di kemudian hari terjadi lagi penurunan harga, pemerintah akan lebih mudah melakukan penelusuran untuk menemukan sumber penyebabnya," ungkapnya.
 
Selain meregistrasi broker, Kementan juga berencana mewajibkan adanya analisa kebutuhan bagi perusahaan-perusahaan peternakan besar agar tidak melampaui kemampuan tampung cold storage perusahaan.
 
Adapun saat ini cold storage yang dimiliki masing-masing rumah potong ayam (RPA) dalam kondisi penuh. Bahkan sebagian besar RPA harus menyewa cold storage baru untuk menyimpan karkas beku. Kondisi seperti ini belum pernah terjadi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.
 
Berdasarkan informasi dari peternak melalui Pinsar Indonesia, rata-rata harga nasional ayam ras potong di tingkat peternak per 25 Juni 2019 sebesar Rp12.826 per kg.
 
Harga ini berada di bawah harga acuan pembelian yang ditetapkan dalam pada Permendag Nomor 96 Tahun 2018, yaitu berkisar Rp18 ribu per kg-Rp20 ribu per kg. Sedangkan harga ayam ras potong di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, serta Jawa Barat berada di tingkat paling rendah dibandingkan wilayah lainnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif