Produk Lokal Siap Banjiri Harbolnas 2018
Suasana peluncuran Harbolnas 2018 (Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Jakarta: Momentum hari belanja online nasional (Harbolnas) pada 11 dan 12 Desember 2018 bakal dimanfaatkan dengan mendorong pertumbuhan produk lokal. Edisi khusus disiapkan di puncak berbagai pesta belanja online yang sudah digelar dari September ini.

Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan mengatakan gelaran kegiatan belanja online terbesar di Tanah Air ini akan memasarkan ribuan produk lokal selama Harbolnas 2018, dengan edisi khusus produk yang lokal berlangsung pada 11 Desember 2018.

Seluruh kategori produk itu dipasarkan melalui lebih dari 300 e-commerce peserta Harbolnas 2018 yang pada tahun ini mengangkat semangat gotong royong dengan tema besar ‘Belanja untuk Bangsa'. Harbolnas sebagal festival belanja online terbesar di Indonesia berkomitmen untuk mempromosikan produk lokal.

"Dan mendorong Iebih banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat merasakan keuntungan dan manfaat lebih dari perdagangan digital," ucap Indra dalam peluncuran Harbolnas, di Sasono Mulyo Balroom Le Meridien, Jakarta, Rabu, 5 Desember 2018.

Ia memaparkan perdagangan digital menjadi salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia. Berdasarkan data dari Google dan Temasek baru-baru ini, pertumbuhan ekonomi internet Indonesia pada 2018 mencapai USD27 miliar dan diprediksi akan terus tumbuh mencapai USD100 miliar pada 2025.

Ini menjadi peluang tidak hanya bagi pelaku industri e-commerce tetapi juga bagi produsen lokal untuk merambah ranah perdagangan digital. Malalui Harbolnas 2018 ini para produsen produk lokal dapat merasakan pengaruh bisnis dari kemeriahan acara Harbolnas beriringan dengan pemain-pemain e-commerce besar.

"Sehingga para produsen lokal dapat lebih memahami kelebihan pemasaran dengan platform online," ujar Country Head of Shopback Indonesia ini.

Selain membantu mendorong peningkatan penjualan produk lokal, Harbolnas 2018 juga didukung oleh tiga kementerian sekaligus yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Komunikasi dan lnformasi. Bahkan untuk pertama kalinya Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) juga memberikan dukungan penuh atas keberlangsungan Harbolnas 2018.

"Kami ingin lebih berkontribusi dengan pesan belanja untuk bangsa. Harbolnas ini dilandasi semangat gotong royong. Jadi bukan hanya belanja tapi ingin mendorong kalau mau belanja gunakan merek lokal. Bapak Presiden Jokowi pun mendukung produk dalam negeri dengan ke mana-mana mengunakan produk lokal," ungkapnya.

Adapun beragam promo diberikan pada Harbolnas tahun ini dengan potongan harga hingga 95 persen serta cashback hingga 120 persen dari ShopBack. Promo menarik ini diyakini bakal turut menumbuhkan perekonomian nasional.

"Semua peserta akan diberikan promo khusus. Diskon ini benar-benar luar biasa," pungkasnya.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id