Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo - - Foto: Medcom.id/ Annisa Ayu
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo - - Foto: Medcom.id/ Annisa Ayu

Alasan Kementerian BUMN Rekrut Penasihat Ernst & Young

Ekonomi kementerian bumn
Annisa ayu artanti • 05 Februari 2020 15:16
Jakarta: Kementerian BUMN merekrut penasihat Earns & Young (EY) Nawal Nely sebagai deputi keuangan dan manajemen risiko. Penempatan kalangan profesional dari kantor akuntan publik itu demi memperketat pengawasan di ratusan perusahaan pelat merah.
 
"Seperti kita sampaikan kita ingin bahwa BUMN benar-benar bertransformasi dimana transparansi dan integritas laporan keuangan serta risiko keuangan ke depan bisa kita manage dengan baik," ungkap Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo disela acara Mandiri Investment Forum 2020, di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Kartika menambahkan perekrutan Nawal Nely agar kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) tidak terulang kembali. Pasalnya, kasus tersebut tak cuma menyangkut persoalan gagal bayar dana nasabah melainkan pemolesan laporan keuangan perusahaan. Sementara Krakatau Steel juga pernah mengalami kerugian secara menahun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Supaya tidak ada kejadian-kejadian seperti Jiwasraya atau Krakatau Steel lagi ke depan," sebut dia.
 
Selain meningkatkan pengawasan laporan keuangan, kehadiran deputi baru di Kementerian BUMN tersebut diyakini dapat memitigasi risiko kerugian perusahaan pelat merah.
 
"Deputi yang baru ini Kementerian BUMN akan lebih dalam dalam melihat laporan keuangan dan memastikan bahwa ada early warning system dari laporan keuangan," tukas dia.
 
Berdasarkan profil di Linkedin, Nawal Nely berkarier di EY selama 12 tahun. Sebelumnya dia pernah menjadi manajer di NBK pada 2005-2006, Senior Analis EY pada 2002-2004, dan Associate di The Boston Consulting Group (BCG) pada 2001-2002.
 
Pada situs EY mencatat Nawal Nely menjabat menjabat Indonesia Oil & Gas Transaction Advisory Services Leader.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif