Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Langkah BRI Tekan Kredit Macet di 2020

Ekonomi bri
Annisa ayu artanti • 19 Februari 2020 10:26
Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memiliki sejumlah langkah untuk menekan kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) 2020, setelah pada 2019 lalu perusahaan mencatat NPL sebesar 2,8 persen.
 
Meski demikian Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan angka tersebut masih dalam batas aman dan sudah memiliki cadangan yang cukup.
 
Namun untuk tahun ini, Sunarso melanjutkan perusahaan sudah memiliki strategi untuk menekan angka NPL, mulai dari upaya restrukturisasi sampai pemilahan nasabah yang mengalami kredit macet, kemudian dilakukan penyelesaian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang pertama adalah, kita bagi itu NPL masih sifatnya ada prospek kita restrukturisasi, kalau tidak ada prospek, kita lakukan penyelesaian kredit," kata Sunarso di Kantor BRI, Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020.
 
Selain itu, perbankan pelat merah ini juga melakukan upaya pencarian nasabah baru dengan memanfaatkan pinjaman dalam bentuk kredit usaha rakyat (KUR).
 
"Kemudian kepada nasabah, apabila mungkin secara front end kita cari nasabh baru," ucapnya.
 
Adapun target nasabah baru yang akan dibidik berasal dari para pelaku UMKM. BRI telah menyiapkan anggaran sebesar Rp102,2 triliun untuk dicairkan dalam bentuk kredit.
 
"Target KUR Rp120,2 triliun akan cari nasabah bagus berbasis UMKM," tukasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif