Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Tarif Tol Khusus untuk Truk

Ekonomi tarif tol bappenas
Eko Nordiansyah • 08 Februari 2019 19:28
Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menyebut pengelola jalan tol bisa memberikan tarif khusus bagi truk. Langkah ini dimaksudkan agar biaya logistik bagi pelaku usaha di industri manufaktur bisa lebih murah.
 
Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebutkan pengelola jalan tol bisa berdiskusi dengan pelaku usaha di bidang logistik. Dengan begitu, dirinya berharap antara pengelola jalan tol dengan penggunanya bisa saling mendapatkan keuntungan.
 
"Mungkin ada harga khusus yang bisa diberikan kepada angkutan truk karena jalan tol itu dibikin sebetulnya untuk memudahkan angkutan barang," kata dia di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan langkah ini juga diharapkan bisa mendorong manfaat jalan tol bagi perekonomian. Pasalnya dengan keberadaan dari jalan tol maka kelancaran transportasi bisa menjadi lebih baik, serta biaya logistik bisa turun.
 
"Nah tentunya kita tidak bisa tergantung kepada jalan arteri, karena jalan arteri memang bebas. Masalahnya itu akan menimbulkan beban biaya ke pemerintah karena setiap tahun jalan tersebut akan rusak dilewati truk-truk besar," jelas dia.
 
Bambang mengklaim biaya perawatan untuk jalan yang sudah ada lebih mahal dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk membangun jalan baru. Lebih lanjut, kata dia, biaya tersebut pastinya akan membebani anggaran, yang akhirnya mengurangi perekonomian.
 
"Kenapa maintenance-nya tinggi karena tadi pemakaiannya yang di luar batas. Jadi jalan tol itu sebenarnya untuk kelancaran orang dan barang. Sehingga nantinya biaya logistik turun, aktivitas ekonominya akan muncul dengan sendirinya," pungkasnya.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif