Tol Bakauheni-Palembang Tingkatkan Perekonomian
Presiden Jokowi. Foto: Medcom.id/Lis Pratiwi.
Lampung: Presiden Joko Widodo optimistis Tol Bakauheni-Palembang dapat meningkatkan perekonomian daerah. Sebab, akses jalan tol dapat mendukung pertumbuhan kawasan ekonomi yang berimbas pada roda ekonomi masyarakat.
 
"Kita harapkan dengan terbangunnya ini ada daya saing yang lebih baik. Pertumbuhan ekonomi di sekitar jalan ini akan terintergrasi dengan kawasan industri dan kawasan-kawasan ekonomi khusus yang semuanya juga dalam proses dibangun," kata Jokowi saat mengunjungi pembangunan Tol Bakauheni-Palembang, Lampung, Jumat, 24 November 2018.
 
Menurut dia, proyek jalan Tol Bakaheuni menuju ke Palembang memiliki panjang 350 km. Untuk seksi I, Bakauheni-Terbangi Besar sepanjang 148 km bisa selesai Desember 2018.
 
"Kemudian yang sampai Palembang akan diselesaikan nanti pertengahan (Juni) 2019," pungkasnya.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan tol Bakauheni-Palembang bisa digunakan secara fungsional untuk mudik Lebaran 2019.

Baca: Presiden Tinjau Tol Bakauheni-Palembang

Ia mengatakan, tol sepanjang 350km ini terdiri dari ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km yang sudah mencapai 96% dan Desember tahun ini selesai, Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 189 km progresnya 83% rampung Juli 2019, Kayu Agung-Betung dengan panjang 111km sudah mencapai 42%, Pematang Panggang-Palembang 33 km yang bisa selesai Juni 2019.
 
Ia mengatakan proyek tol lain yang masuk rangkaian trans Sumatera pengerjaanya sedang berlangsung. Meskipun terdapat masalah pembebasan lahan seperti di ruas Padang-Sicincin namun jalan tol yang menghubungkan Bakauheni-Aceh bisa selesai 2024.
 
"Dengan demikian target pembangunan jalan tol sepanjang 1852 km bisa tercapai,"kata Basuki.



(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id