Transaksi Harbolnas Ditargetkan hingga Rp7 Triliun
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)
Jakarta: Hari belanja online nasional (Harbolnas) pada 11 dan 12 Dasember 2018 diyakini bakal meraup nilai transaksi besar. Panitia menargetkan pesta belanja online tahunan ini mencapai Rp7 triliun.

"Kami yakin babak final Harbolnas ini akan bisa mencapai target transaksi Rp7 triliun. Saya meminta dukungan bersama dalam belanja untuk bangsa dan memajukan digital ekonomi Indonesia," ujar Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan dalam peluncuran Harbolnas 2018 di Sasono Mulyo Ballroom Le Meridien, Jakarta, Rabu, 5 Desember 2018.

Kegiatan tahunan ini juga menargetkan bakal muncul satu juta pembeli online pertama. Partisipasi pelaku e-commerce untuk memberikan promo potongan harga pun diharapkan menjadi sasaran utama.

"Target jumlah transaksi e-commerce pada pelaksanaan Harbolnas 2018 ini meningkat lima kali lebih tinggi daripada transaksi e-commerce pada hari biasa," tuturnya.

Indra memastikan produk industri kecil menengah (IKM) lokal bakal mendapat tempat istimewa dalam pesta belanja online tahun ini. Lebih dari 200 e-commerce yang bakal berpartisipasi ditargetkan meraup nilai transaksi produk lokal mencapai Rp1 triliun.

"Kami roadshow di Indonesia penyuluhan IKM di tujuh kota agar pelaku industri lokal mendapat pelatihan platform e-commerce serta edukasi belanja online yang aman. Kami melihat adanya peluang yang terbuka lebar dari digital ekonomi ini," ungkapnya.

Indra menambahkan pihak panitia telah menyiapkan kanal khusus yang akan menjadi pusat kegiatan pendukung Harbolnas 2018. Sistem ini bakal menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan transaksi saat pelaksanaan Harbolnas 2018.

"Masing-masing e-commerce peserta Harbolnas 2018 nantinya akan mengirimkan perwakilan timnya pada kanal khusus ini. Sehingga pemantauan pelaksanaan kegiatan ini akan lebih terpadu. Setiap notifikasi dari masyarakat sehubungan dengan Harbolnas 2018 akan segera mendapatkan tanggapan yang segera," pungkas dia.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id