Presiden Joko Widodo. FOTO: MI/Panca Syurkani.
Presiden Joko Widodo. FOTO: MI/Panca Syurkani.

Jokowi Minta Bunga KUR Turun Jadi 6%

Ekonomi perbankan kur
Desi Angriani • 11 November 2019 19:15
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) diturunkan menjadi enam persen dari sebelumnya tujuh persen. Penurunan bunga KUR ini demi memperluas akses pendanaan bagi masyarakat.
 
"Subsidi bunga bagi UKM ini sekarang bunganya sudah tujuh persen mau diturunkan ke enam persen," ucap Jokowi memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 11 November 2019.
 
Menurut Presiden, subsidi yang diberikan pemerintah masih belum cukup untuk mendorong penyaluran KUR. Pasalnya, hingga akhir Agustus 2019, penyaluran KUR baru mencapai 72,65 persen atau sebesar Rp101 triliun dari target Rp140 triliun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi menurut saya ini jumlahnya juga masih kurang oleh sebab itu saya sudah minta untuk tahun depan bisa ditingkatkan lagi dua kali lipat tapi itu juga kita harus tembakkan program ini kepada usaha-usaha produksi bukan pada yang masih banyak kita lihat pada usaha perdagangan," ungkap dia.
 
Karena itu, Jokowi mendorong kegiatan produksi UKM secara berkelompok atau kluster agar penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor produksi tercapai.
 
"Di BUMN dari PNM itu ada program Mekar di Kemenkeu ada program UMi kemudian di setiap kementerian juga ada program pemberdayaan UMKM. Tersebar di mana-mana tidak fokus tidak terkoordinasi dan tidak terkonsolidasi sehingga hasilnya kurang nendang," pungkas dia.
 
Adapun pemerintah sudah menyalurkan KUR sebesar Rp435,4 triliun hingga Agustus 2019. Jumlah tersebut disalurkan kepada 17,5 juta debitur dengan rasio kredit macet (non performing loan/NPL) 1,31 persen.
 
Realisasi penyaluran KUR pada periode 1 Januari sampai 31 Agustus 2019 mencapai Rp102 triliun. Angka itu hampir mencapai target yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp140 triliun.
 
Khusus untuk bidang fesyen dan produk turunannya, KUR yang digelontorkan pemerintah pada periode Januari-September 2019 sebesar Rp1,13 triliun kepada 45,1 ribu debitur. Industri pakaian jadi dan perlengkapan jadi sektor dengan penyaluran tertinggi, yakni sebanyak Rp770 miliar atau sebesar 67,6 persen dari total penyaluran.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif