Destry Damayanti. MI/Panca.
Destry Damayanti. MI/Panca.

Destry Damayanti Dinilai Cocok Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Ekonomi deputi gubernur bi
Eko Nordiansyah • 09 Juli 2019 19:48
Jakarta: Destry Damayanti dinilai cocok untuk menjabat sebagai deputi gubernur senior Bank Indonesia (BI). Ketua Himpunan Bank Negara (Himbara) Maryono menilai Destry punya kapasitas karena selama ini sudah malang melintang di dunia perbankan.
 
Dalam rapat tertutup dengan Komisi XI DPR, Maryono menyebut kelayakan Destry menggantikan Mirza Adityswara. Apalagi Destry merupakan satu-satunya calon yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo kepada DPR.
 
"Tadi sudah saya katakan karena dia calonnya cuma satu, saya kira dia juga kita nilai dari sisi industri perbankan, dia punya kapasitas dan kapabilitas yang layak untuk bisa dilakukan suatu penilaian oleh DPR," kata dia ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan Destry yang saat ini menjabat Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sudah dikenal oleh pelaku usaha. Destry juga memiliki komunikasi yang baik sehingga diharapkan menjadi jembatan antara pelaku usaha dengan regulator.
 
Sementara itu, Maryono mengingatkan sejumlah tantangan bagi Destry di bank sentral ke depannya. Di antaranya adalah bagaimana membuat likuiditas di perbankan jadi lebih longgar, serta suku bunga BI yang masih dipertahankan di level enam persen.
 
"Satu, likuiditas perbankan yang masih ketat, suku bunga masih tinggi, ini antara lain itu. Ini yang perlu agar kita perbankan bisa lincah lagi, supaya bisa mengisi pembangunan ini, meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh," pungkas dia.
 
Destry yang merupakan alumni Universitas Indonesia (UI) ini juga pernah menjadi Kepala Ekonom PT Mandiri Sekuritas pada 2005-2011. Destry pernah memimpin Panitia Seleksi Pimpinan KPK. Dirinya juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak 2014-2015.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif