Illustrasi. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro).
Illustrasi. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro).

BCA dan Bank Mandiri Biayai Kredit Sindikasi Pembebasan Lahan

Ekonomi pembebasan lahan
Eko Nordiansyah • 29 Maret 2017 16:50
medcom.id, Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sepakat menyalurkan pinjaman sindikasi senilai Rp1,87 triliun. Pembiayaan ini akan digunakan untuk mempercepat proses pembebasan lahan ruas tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer (km).
 
Penandatanganan perjanjian kredit dilakukan oleh SVP Corporate Banking Bank Mandiri Dikdik Yustandi dan Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang Saut P. Simatupang di Jakarta, Rabu 29 Maret 2017.
 
"Penyaluran kredit ini menjadi implementasi konsistensi perseroan dalam mendukung sinergi antar BUMN pada program-program strategis pemerintah, khususnya dalam percepatan penyediaan infrastruktur utama," ujarnya dalam keterangan tertulis.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bank Mandiri, lanjut dia, memiliki komitmen yang kuat dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur penting seperti pembangunan jalan tol, bandara, dan pelabuhan laut. Untuk itu, mereka memiliki produk-produk pembiayaan yang bisa dimanfaatkan, termasuk pada tahap pembebasan lahan, pembangunan konstruksi maupun tahap pengoperasian.
 
Bank Mandiri telah memberikan komitmen pembiayaan untuk pembangunan tol senilai Rp16,7 triliun untuk 14 ruas tol yang tengah dibangun, dengan realisasi penyaluran sebesar Rp8,4 triliun hingga Desember 2016. Nilai tersebut naik 52 persen dari Rp5,5 triliun pada akhir 2015 seiring dengan agresifnya pemerintah dalam mempercepat pembangunan ruas tol utama.
 
"Hampir 75 persen kehadiran Bank Mandiri dalam berbagai proyek jalan tol tersebut direalisasikan secara sindikasi, baik dengan bank BUMN maupun bank swasta. Hal ini merupakan salah satu strategi ini untuk mengelola risiko dan menjaga kualitas pembiayaan kami," jelas Dikdik.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif