Lokasi penukaran uang di Monas masih sepi. (FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana)
Lokasi penukaran uang di Monas masih sepi. (FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana)

Penukaran Uang di Monas Masih Sepi

Ekonomi penukaran uang
Nia Deviyana • 14 Mei 2019 15:44
Jakarta: Bank Indonesia (BI) membuka 241 titik penukaran uang di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi mulai 13 Mei sampai dengan 29 Mei 2019. Salah satunya, di pintu parkir IRTI Monumen Nasional (Monas).
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id di hari kedua pembukaan, di lokasi ini masih cenderung sepi oleh para penukar uang.
 
"Biasanya baru ramai kalau THR (tunjangan hari raya) sudah keluar," ujar Thivany, petugas penukaran uang di loket BNI Syariah, saat diwawancarai Medcom.id di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Thivany menuturkan, pada hari ini hingga pukul 14.00 WIB, tercatat baru 64 nasabah yang menukar uang.
 
Hal yang sama juga terlihat di loket Bank Mandiri, kendati jumlah nasabah yang menukar lebih banyak dibandingkan pada loket BNI Syariah. Pada Senin, 13 Mei 2019, jumlah penukar uang di loket Mandiri tercatat 70 orang. Sedangkan pada hari ini, Selasa, 14 Mei 2019 tercatat 90 orang.
 
Titik penukaran uang di Monas digelar mulai pukul 09.00 hingga pukul 14.00 WIB. Koordinator lapangan titik penukaran uang BI di Monas, Yuniarwan mengatakan BI menyediakan 17 loket bank pada penukaran uang tahun ini.
 
Adapun untuk penukaran uang per harinya, BI membatasi Rp3,9 juta per orang. Di mana setiap orang hanya boleh menukar satu kali dalam tiga hari.
 
"Jadi kalau pagi sudah menukar, lalu siang memasukkan KTP yang sama, nanti di sistem ada pemberitahuan bahwa sudah menukar. Itu enggak bisa, jadi baru bisa menukar lagi tiga hari ke depan," jelas Yuniarwan.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif