Pertamina-Hutama Karya-Waskita Bersinergi Bangun SPBU di Jalan Tol

Suci Sedya Utami 04 Desember 2018 07:16 WIB
pertaminawaskita karyahutama karya
Pertamina-Hutama Karya-Waskita Bersinergi Bangun SPBU di Jalan Tol
Pertamina, Hutama Karya, dan Waskita Karya menandatangani MoU tentang kerja sama pengadaan SPBU pada rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol (Foto: Pertamina)
Jakarta: PT Pertamina (Persero) bersinergi dengan PT Hutama Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk untuk memperluas layanan Bahan Bakar Minyak (BBM) di jalan tol. Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang diharapkan nantinya memberi keuntungan bagi semua pihak.

Seremoni penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro, dan Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno.

Dalam kerja sama ini, Pertamina akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di jalan tol yang dikelola dua perusahaan karya tersebut.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid menegaskan sinergi antara Pertamina, Hutama Karya, dan Waskita Karya merupakan langkah penting dalam rangka membangun konektivitas sehingga bisa memberikan dampak ekonomi yang lebih besar.

"Kehadiran rest area dan SPBU saling melengkapi. Tak lengkap jika rest area tanpa SPBU. Rest area yang dilengkapi SPBU bisa menjadi titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Konektivitas harus dibangun lengkap, baik infrastruktur maupun energi," ujar Mas'ud di Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.

Direktur Human Capital dan Pengembangan Hutama Karya Putut Ariwibowo menambahkan pihaknya mendukung penuh terlaksananya sinergi antarBUMN. Saat ini Hutama Karya ditugaskan membangun Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.770 km dari Aceh hingga Bajauheni.

Tentunya, lanjut Putut, akan banyak rest area yang terbangun di  jalan tersebut. Hutama Karya menargetkan di setiap rest area tipe A wajib terbangun SPBU "Jadi kami sediakan lahannya. Nanti Pertamina akan bangun SPBU-nya," ucap Putut.

Sementara itu, Direktur Operasi II Waskita Karya Bambang Rianto menuturkan, Waskita Karya siap memfasilitasi pembangunan SPBU di ruas jalan tol Trans Sumatera dan Trans Jawa. "Kami sangat siap bersinergi dengan Pertamina untuk memberikan pelayanan terbaik serta kenyamanan pengguna jalan tol dalam berkendara," jelas Bambang

Dalam kesempatan itu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengapresiasi kerja sama yang terjadi. Menurut dia kondisi ini sebagai bentuk peran aktif BUMN dalam menjamin pelayanan BBM di sepanjang jalan tol. Tidak lupa, ia kembali mengingatkan bahwa BUMN harus terus bersinergi dalam membina dan mengelola UMKM pada setiap rest area.

"Sehingga produknya memiliki daya saing, dan kualitas hidup masyarakat setempat pun bisa menjadi lebih baik berkat adanya jalan tol," pungkas Rini.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id