Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Sulteng Minta Dukungan Kementan Kembangkan Kakao

Ekonomi kakao
17 Maret 2017 09:02
medcom.id, Palu: Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola meminta dukungan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dirjen Perkebunan untuk mendukung pengembangan komoditas tanaman kakao didaerahnya. Hal itu guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah itu dari sektor perkebunan.
 
"Kami terus mendorong penguatan sektor perkebunan khususnya kakao dan diharapkan program nasional kakao tetap dilanjutkan dan kami memohon dukungan pemerintah pusat," kata Longki, seperti dikutip dari Antara, di Palu, Jumat 17 Maret 2017.
 
Gubernur Longki Djanggola telah menerima kunjungan kerja jajaran Ditjen Perkebunan dalam rangka mengikuti rapat koordinasi pembangunan perkebunan di Sulawesi Tengah. Adapun kunjungan kerja ini diharapkan membawa manfaat positif bagi semua pihak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Longki mengatakan salah satu yang menguatkan tekad pemerintah daerah untuk terus mengembangkan perkebunan kakao karena tanaman tersebut dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat yang hingga saat ini luasannya telah mencapai 290 ribu hektare.
 
"Pada masa kejayaan tanaman kakao, petani Sulawesi Tengah tidak mengalami krisis walaupun daerah lain mengalami krisis," jelasnya.
 
Menurut Longki, kakao sangat berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan petani, namun belum memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah. Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah yang mencapai sembilan persen merupakan daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia.
 
Hanya saja, kata Longki, persentase kemiskinan relatif masih tinggi karena pertumbuhan ekonomi terbesar baru ditopang dari sektor pertambangan. Kondisi ini, lanjutnya, menyebabkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sulawesi Tengah masih dirasakan masyarakat kelas menengah ke atas.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif