Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta Cotta Sembiring dan Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad (Foto:Dok.BPJS Ketenagakerjaan)
Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta Cotta Sembiring dan Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad (Foto:Dok.BPJS Ketenagakerjaan)

Kepulauan Seribu Canangkan Gerakan Wajib BPJS Ketenagakerjaan

Ekonomi Berita BPJS Ketenagakerjaan
Anggi Tondi Martaon • 13 November 2019 16:47
Jakarta: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mencanangkan Gerakan Wajib BPJS Ketenagakerjaan. Seluruh pekerja harus terdaftar sebagai anggota perusahaan asuransi pelat merah tersebut.
 
"Bismillahirohmanirrohim, dengan ini saya canangan Gerakan Wajib Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Saya akan berada pada garda terdepan demi melindungi dan menyejahterakan masyarakat Kepulauan Seribu," kata Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad, dikutip keterangan tertulis, Rabu, 13 November 2019.
 
Husein menegaskan, pihaknya akan menyisir seluruh wilayah agar gerakan tersebut dilakukan hingga tingkat bawah. Semua pekerja harus terdaftar dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Husein juga menyatakan menyambut baik pembukaan unit layanan yang terintegrasi dengan PTSP di Kantor Pemkab Kepri. Langkah tersebut dianggap sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
 
"Kami berharap seluruh pekerja di Kepulauan Seribu dapat terlindungi oleh program jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan. Dapat kita bayangkan jika seorang pedagang yang sedang menjajakan makanan untuk wisatawan, tiba-tiba mengalami kecelakaan kerja. Siapa yang akan melindungi mereka?" kata Husein.
 
Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta Cotta Sembiring menyebutkan deklarasi Gerakan Wajib BPJS Ketenagakerjaan merupakan yang pertama kali dilakukan.
 
"Dengan pencanangkan ini diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama, seluruh pekerja di Kepulauan Seribu terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Tak lupa kami juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-18 kepada Kepulauan Seribu. Semoga semakin berjaya," kata Cotta.
 
Pada kesempatan tersebut, Cotta mengedukasi masyarakat terkait tugas dan fungsi BPJS Ketenagakerjaan. Dia menjelaskan mengenai empat program yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).
 
"Semua program tersebut wajib dimiliki oleh seluruh pekerja," ujar Cotta.
 
Untuk mendukung sukses gerakan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan akan menempatkan seorang petugas di unit pelayanan Kantor Pemkab Kepulauan Seribu.
 
"Kami juga akan merekrut putra/putri asli Kepulauan Seribu sebagai kepanjangan tangan dari BPJS Ketenagakerjaan," tutur Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kelapa Gading Pepen S Almas.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif