Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.
Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.

Zakat Bisa Jadi Jalan Mengentaskan Kemiskinan

Ekonomi kemiskinan zakat
Eko Nordiansyah • 07 November 2019 20:43
Surabaya: Badan Zakat Nasional (Baznas) menyebut zakat bisa dioptimalisasi dalam rangka penguatan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. Apalagi saat ini potensi zakat terbilang luar biasa besar mencapai Rp233,8 triliun, terutama potensi zakat profesi.
 
"Namun demikian, potensi penguasaan zakat perusahaan masih rendah," kata Direktur Pendistribusian dan Pemberdayaan Baznas Irfan Syauqi Beik dalam seminar FESyar Surabaya, Kamis, 7 November 2019.
 
Dirinya menegaskan potensi zakat jika dioptimalkan, bisa menjadi solusi bagi pengembangan perekonomian. Idealnya pendistribusian zakat mencapai 87,5 persen, namun baru terealisasi sebesar 83,7 pada bulan ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mengoptimalkannya, Baznas menilai perlu regulasi berupa dukungan di pusat dan daerah. Selain itu, penguatan kapasitas sistem kelembagaan, penguatan sumber daya manusia Baznas dan Lembaga Amil Zakat, serta penguatan kemampuan penghimpunan dan penyaluran, dan literasi pemahaman publik terhadap zakat, dakwah dan sosialisasi.
 
"Dalam melakukan Pendistribusian Zakat, Baznas memiliki Layanan Aktif Baznas (LAB) yang bertugas menyalurkan zakat dari pihak yang memiliki kelebihan rezeki kepada yang masih kekurangan," ungkapnya.
 
Sementara itu, Pakar Ekonomi Syariah Muhammad Syafii Antonio menilai waris, wasiat, zakat, infak, dan hadiah yang terdistribusi dengan baik, maka akan ada velocity of money and velocity of goods yang lebih baik yang akan menciptakan new production dan new employment yang menekan angka pengangguran.
 
"Ketika kita melihat kota Cordova, terdapat sebuah finance system yang sangat maju, sebagaimana kemajuan kota Istanbul dan Damaskus. Kita berpikir bagaimana kota-kota tersebut dibangun yang pasti membutuhkan pajak dan Asisten Aparatur Negara yang kompeten," katanya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif