Menko Perekonomian Darmin Nasution bekerja sama dengan Ketua Kadin Rosan Roslani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Menko Perekonomian Darmin Nasution bekerja sama dengan Ketua Kadin Rosan Roslani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Pemerintah Ajak Kadin Promosi Investasi di KEK

Ekonomi kadin kawasan ekonomi khusus
Eko Nordiansyah • 10 Oktober 2019 12:19
Jakarta: Pemerintah mengajak Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk mempromosikan investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dunia usaha dinilai memiliki peran penting dalam pengembangan KEK di berbagai pelosok Tanah Air.
 
Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Perpanjangan Kerja Sama Pengembangan KEK yang dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution selaku Ketua Dewan Nasional KEK bersama Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani.
 
"Guna mendorong dan meningkatkan partisipasi dunia usaha dalam mempercepat pembangunan dan pengembangan KEK, Dewan Nasional KEK menjalin kerja sama dengan Kadin Indonesia," kata Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nota kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta dunia usaha dalam mempercepat pembangunan dan pengembangan KEK sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya tarik investasi, dan meningkatkan nilai investasi.
 
Kerja sama ini berlaku selama jangka waktu lima tahun ke depan, dan merupakan perpanjangan atas Nota Kesepahaman tentang Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus yang telah ditandatangani di Jakarta pada 27 Juli 2017 dan berlaku selama dua tahun.
 
Melalui Nota Kesepahaman ini, upaya peningkatan investasi KEK dilakukan melalui serangkaian forum bisnis, road show, dan sosialisasi kepada investor. Selain itu juga dengan meningkatkan kemampuan Badan Usaha Pembangunan dan Pengelola KEK dalam pengelolaan dan pemasaran KEK.
 
"Melalui serangkaian kegiatan pelatihan, Focus Group Discussion (FGD), studi banding, dan kegiatan lain untuk menarik investasi serta memberi masukan dalam rangka evaluasi dan peningkatan daya saing KEK," jelas dia.
 
Selain itu, kerja sama juga meliputi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan investasi di KEK melalui serangkaian kegiatan pendukung. Hal tersebut dilakukan dengan meningkatkan kapasitas badan usaha pembangun dan pengelola KEK terkait dengan pengelolaan dan pemasaran KEK dan memberikan masukan dalam rangka evaluasi dan peningkatan daya saing KEK.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif