Direktur Operasi II Waskita Karya Bambang Rianto (tengah). FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.
Direktur Operasi II Waskita Karya Bambang Rianto (tengah). FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.

Waskita Bidik Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

Ekonomi waskita karya kereta cepat
Annisa ayu artanti • 26 September 2019 14:02
Jakarta: PT Waskita Karya Tbk ingin turut andil pada pembangunan proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Anak usaha Waskita Karya, PT Waskita Beton Precast Tbk sudah memiliki bisnis yang akan menunjang proyek tersebut.
 
Direktur Operasi II Waskita Karya Bambang Rianto mengatakan perusahaan memiliki pengalaman dalam pengerjaan proyek kereta api. Itu sebabnya, ia mengatakan perusahaan ingin menggarap proyek itu.
 
"Sudah pasti tertarik karena kita memiliki pengalaman di dalam perkeretaapian," kata Bambang di Gedung Sinergi 8, Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 26 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bambang mejelaskan, saat ini Waskita Beton Precast sudah mulai mendiversifikasikan bisnisnya untuk menyiapkan kebutuhan infrastruktur perkeretaapian. Anak usahanya itu juga sudah membangun pabrik untuk lini bisnis barunya itu.
 
"Ini dalam rangka mewujudkan ketertarikan kita pada perkeretaapian," ungkap dia.
 
Selain menyiapkan infrastruktur penunjang proyek, Bambang juga mengungkapkan, Waskita juga tertarik untk terlibat di jasa konstruksi.
 
"Nanti kita terlibat di jasa konstruksinya, kalau di jasa konstruksinya kan kita akan pembangunan mulai subgrade-nya dan juga relnya," tukas dia.
 
Proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya merupakan salah satu proyek strategis nasional yang diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2018.
 
Melalui proyek ini, diharapkan semakin meningkatkan pelayanan kereta api. Beberapa manfaat dari dibangunnya proyek ini yaitu mempercepat waktu tempuh perjalanan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya menjadi sekitar 5,5 jam, meningkatkan keselamatan karena tidak ada lagi perlintasan sebidang, dan diharapkan dapat memberdayakan industri dalam negeri melalui optimalisasi konten lokal dalam pembangunan proyek.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif