Kemenhub Pastikan Seluruh Pengusaha Siap Pakai B20

Eko Nordiansyah 13 September 2018 12:54 WIB
biofuel
Kemenhub Pastikan Seluruh Pengusaha Siap Pakai B20
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan seluruh pengusaha di bidang transportasi siap menggunakan biodiesel 20 persen (B20). Seluruh kendaraan baik di laut maupun di darat sudah menyatakan kesiapannya mendukung aturan B20.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan seluruh pihak termasuk Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Organisasi Angkutan Darat (Organda), dan Agen Pemegang Merk (APM) sudah sepakat untuk menggunakan B20.

"Sudah siap semuanya mendukung. Hanya memang ada penyesuaian khususnya pada kendaraan-kendaraan lama," kata dia ditemui usai rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 13 September 2018.

Dirinya menambahkan, para pengusaha memang memberi masukan karena penggunaan B20, maka filter pada kendaraan harus diperbaiki. Selain itu, tangki juga harus dikuras karena sifat Fatty Acidd Methyl Ester (FAME) atau biodisel merupakan solar dengan campuran minyak sawit.

"Dari Aptrindo dan Organda itu butuh pemeliharaan yang lebih cepat. Jadi kalau selama ini dari APM pemeliharaan yang biasanya begitu beli kan ada sampai pergantian filter 20 ribu km perjam diganti menjadi 10 ribu per km jadi dipercepat begitu," jelas dia.

Menurut Budi penggunaan B20 pada kendaraan tidak menemui masalah, kecuali dibutuhkan pemeliharaan yang lebih baik. Apalagi pencampuran biodiesel terhadap solar bukan hal yang baru, karena aturan ini sudah ada sejak 2016 lalu.

"Mereka sudah menyampaikan bahwa itu kan sebagai risiko penggunaan dia terhadap kendaraan itu. Kalau misalkan ada pembiayaan tambahan mereka minta kepada APM untuk ikut, katakanlah, untuk meringankan beban mereka," pungkasnya.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id