Bengkulu Selatan Targetkan Pembagian 3.800 Sertifikat Lahan
Lahan. ANT/Novrian Arbi.
Bengkulu Selatan: Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bengkulu Selatan menargetkan pembagian sertifikasi lahan melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun ini sebanyak 3.800 ribu bidang tanah atau meningkat drastis dibanding 2017 silam.

"Kuota PTSL 2018 lebih banyak daripada tahun lalu yang hanya berjumlah 4.000 bidang tanah," kata Kepala BPN Kabupaten Bengkulu Selatan Surahman di Manna dikutip dari Antara, Selasa, 1 Mei 2018.

Hingga April 2018, BPN Bengkulu Selatan telah mengukur 2.853 bidang tanah, mengumpulkan 2.043 berkas, dan sertifikat yang telah diterbitkan sebanyak 828 buah. BPN juga akan menyasar 26 desa dan kelurahan melalui program sertifikasi tanah gratis tersebut.

"Tahun ini, total pengukuran 22.168 bidang tanah mesti dirampungkan," katanya menargetkan.

Terpilihnya 26 desa dan kelurahan itu lantaran masih banyak bidang tanah yang belum bersertifikat di Kabupaten Bengkulu Selatan, akibat rendahnya kesadaran masyarakat dalam melindungi aset properti.Saat ini masyarakat masih banyak yang belum memiliki sertifikat tanah sehingga program tersebut terus dilakukan bertahap agar jumlah PTSL terus bertambah.

Lebih lanjut ia berharap, masyarakat yang berada di lokasi terpilih dapat memanfaatkan kesempatan baik itu dengan berpartisipasi secara aktif, memasang tanda batas dan menyiapkan sejumlah dokumen. "Dengan membuat sertifikat dan meregistrasikan lahan, maka kita dapat meminimalisir konflik pertanahan di masa mendatang," ujar Surahman.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360