NEWSTICKER
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id

Ada Bandara Baru di Ibu Kota Baru

Ekonomi Ibu Kota Baru
Antara • 26 Februari 2020 17:22
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan akan ada bandara baru di ibu kota baru di Kalimantan Timur sebagai pendukung dua bandara yang sudah ada, yakni Bandara APT Pranoto Samarinda dan Bandara Sepinggan Balikpapan.
 
"Ya, ada bandara ketiga. Titiknya belum tahu tapi kira-kira 15 kilometer dari pusat kota," kata Menhub di sela-sela diskusiMerajut Konektivitas Ibu Kota Negara, di Jakarta, seperti dikutip dariAntara, Rabu, 26 Februari 2020.
 
Ia mengatakan bandara tersebut akan dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang juga akan mengundang swasta nasional dan asing sebagai operatornya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bandara akan lebih konkret. Jadi kita akan dibundling tiga bandara menjadi suatu korporasi itu Balikpapan yang punya AP I, Samarinda yang punya Kemenhub dan kita membangun bandara internasional di ibu kota negara itu. Itu menjadi suatu operator nanti kita undang kolaborasi asing dan lokal sehingga investasi untuk bandara tidak keluar dari APBN tapi dari swasta yang investasi di situ," katanya.
 
Tahapannya, Menhub mengatakan, yakni sayembara untuk desainnya terlebih dahulu kemudian tender untuk proyek pembangunannya.Negara-negara yang sudah menyatakan minatnya, adalah Jepang, Tiongkok, dan Korea.
 
"Ini KPBU. Ya yang pasti Korea, Jepang, dan Tiongkok itu minat sekali," ujarnya.
 
Bandara tersebut juga nantinya setelah selesai dibangun akan langsung berstatus sebagai bandara internasional.Budi mengatakan, rencana mulai pembangunan bandara pada 2021.
 
"Saya pikir kalau di tempat ibu kota baru ini kan suatu tempat yangpreciousjadi kalau mereka (calon investor) mendapatkan kesempatan itu justru ada rasa bangga. Jadi kita yang mendapatkan mendapatkan suatu insentif dari negara-negara yang mendapatkan pekerjaan di negara kita," katanya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif