Tiga Perusahaan BUMN Bakal Terbitkan Global Bond
Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno (MI/SUSANTO )
Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) telah sukses menerbitkan komodo bond di London Stock Exchange (LSE). Komodo bond yang diterbitkan memiliki nilai Rp4 triliun atau setara USD295,7 juta dengan jangka waktu tiga tahun dan kupon mencapai 7,5 persen.

Komodo bond yang diterbitkan oleh Jasa Marga mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga empat kali. Kondisi itu menandakan bahwa penerbitan komodo bond oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminati oleh investor.

Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan masih ada tiga perusahaan BUMN lagi yang akan menerbitkan global bond, setelah Jasa Marga sukses menerbitkan komodo bond pada Desember 2017 lalu. "Masih ada, mungkin tiga (perusahaan) lagi ‎(yang akan menerbitkan global bond)," kata Rini, ditemui di Restoran Kwangtung, Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin, 8 Januari 2018.

Namun, Rini masih bungkam mengenai tiga perusahaan BUMN yang akan menerbitkan global bond. Rini masih enggan menjelaskan secara rinci ke awak media. Ia masih menunggu kesiapan yang dilakukan dengan harapan penerbitan tersebut bisa berjalan sukses.

"Saya tidak boleh ngomong sekarang," tutur Rini.

Sedangkan terkait aksi pelepasan saham perdana atau IPO perusahaan anak BUMN, Rini masih melihat ada beberapa BUMN yang akan menjalankan pada tahun ini. "Masih kita lihat, mungkin anak-anak BUMN ada yang IPO," kata dia.

Untuk diketahui, dana komodo bond yang diterbitkan oleh Jasa Marga di LSE akan digunakan ‎untuk mendukung rencana pembangunan infrastruktur di Indonesia dan mempercepat pertumbukan ekonomi nasional. Penerbitan melalui London Stock Exchange karena memungkinkan Jasa Marga untuk melakukan diversifikasi lebih lanjut mengenai sumber pendanaan.



(ABD)