Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani

Esemka Berpotensi Jadi Mobil Dinas Menteri

Ekonomi Mobil Esemka
Desi Angriani • 11 September 2019 08:30
Jakarta: Mobil pabrikan PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) berpotensi menjadi mobil dinas menteri di masa depan. Namun rencana itu harus menunggu peluncuran mobil dinas tipe SUV.
 
"Jangka waktu ke depan kalau ada desain seperti SUV tidak ada masalah (dimungkinkan)," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 10 September 2019.
 
Airlangga menjelaskan model SUV yang tengah digarap tersebut juga menggunakan dengan desain multiplatform. Artinya, model yang dikeluarkan Esemka nantinya akan memiliki kemiripan dengan mobil buatan luar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemarin kan sudah dibikin SUV prototype nah itu multiplatform juga, multiflatformnya salah satu perusahaan basisnya Eropa juga," ungkap dia.
 
Pada akhir pekan lalu, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) meresmikan pabrik baru dan merilis produk pick up Esemka Bima. Mobil ini dibanderol Rp110 juta on the road.
 
Mobil produksi dalam negeri ini memiliki dua varian produk pick up yakni Esemka Bima 1.2 dan Esemka Bima 1.3. Mobil pertama produksi PT SMK, Esemka Bima akan meluncur di pasaran dalam dua varian, yaitu dengan kapasitas mesin 1200 cc dan 1300 cc.
 
Esemka Bima keluaran PT SMK adalah mobil komersial bertipe pick up (kendaraan niaga) yang dibekali dengan mesin tipe SOHC (Single Over Head Camshaft). Pick up Esemka tersebut menggunakan bahan bakar bensin, dengan kapasitas full tank sebesar 40 liter.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif