Gedung Kementerian Keuangan (Foto: Setkab)
Gedung Kementerian Keuangan (Foto: Setkab)

Kemenkeu Siap Dukung Anggaran untuk Bencana Selat Sunda

Ekonomi kementerian keuangan Tsunami di Selat Sunda
27 Desember 2018 11:01
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) siap mendukung bila Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengajukan anggaran tambahan untuk menangani bencana yang terjadi di Selat Sunda pada Sabtu malam, 22 Desember 2018.
 
"Insyaallah selalu siap dan dukung," kata Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani, saat dihubungi, di Jakarta, Rabu, 26 Desember 2018.
 
Adapun anggaran BNPB untuk menangani bencana di Selat Sunda saat ini, dikatakannya, masih mencukupi. "Sementara ini dana yang sudah ada di BNPB masih mencukupi," tuturnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanya saja, Askolani tidak merinci lebih lanjut berapa jumlah dana yang masih ada di BNPB saat ini. Untuk diketahui, tsunami menerjang kawasan pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, dan Tanggamus pada Sabtu 22 Desember, jelang tengah malam.
 
Di sisi lain, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise bakal mengunjungi korban tsunami Selat Sunda. Yohana akan memberikan bantuan terhadap korban terdampak tsunami. "Saya besok mau pergi ke Banten, memberikan bantuan," kata Yohana.
 
Yohana telah berkomunikasi dengan dinas terkait yang di provinsi maupun kabupaten. Ia telah mendapatkan laporan yang rinci untuk menyiapkan bantuan yang diberikan. Bantuan itu bakal terfokus buat perempuan yang menjadi korban tsunami. Bantuan juga akan diberikan kepada anak-anak, seperti pembuatan sekolah darurat.
 
"Pusat pembelajaran untuk keluarga, untuk keluarga yang bermasalah dan terdampak. Lalu trauma healing," pungkas Yohana. (Media Indonesia/Nur Aivanni)
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif