PT INKA Tawarkan Kontrak Perawatan Kereta ke Bangladesh
Ilustrasi. (FOTO: MI)
Dhaka, Bangladesh: PT Industri Kereta Api atau PT Inka (Persero) menawarkan kontrak perawatan kereta api kepada Bangladesh Railway, yakni badan transportasi kereta api milik negara Bangladesh.

"Melihat operasional dan sistem perawatan yang kurang standard karena jumlah kereta yang ada saat ini di Bangladesh masih kurang dibandingkan populasi penduduk, ke depannya kami juga berpikir untuk bagaimana ada kontrak perawatan," kata staf tim purna jual (aftersales) PT Inka Triono saat ditemui di Stasiun Kereta Api Kamlapur, Dhaka pada Selasa malam, 20 November 2018.

Menurut Triono, kontrak penyediaan kereta api oleh PT INKA untuk Bangladesh sebenarnya juga sudah disertai dengan garansi dua tahun dan layanan pendampinagn operasional selama dua tahun.

Namun, dengan mempertimbangkan kondisi di lapangan, khususnya dalam hal cara penggunaan kereta di Bangladesh, Triono mengatakan bahwa PT INKA menekankan pentingnya upaya perawatan yang lebih baik untuk kereta-kereta di negara tersebut.

Dia menyebutkan bahwa gerbong kereta api penumpang yang dibuat oleh PT INKA untuk Bangladesh merupakan gerbong kereta super kuat agar dapat menahan tekanan bila ada penumpang yang naik di atas gerbong.

"Gerbongnya memang sangat kuat, di atas rata-rata ukuran Asia. Karena memang di sini aturan untuk naik kereta di atas (gerbong) masih diperbolehkan," ungkapnya.

Dia menyebutkan bahwa PT INKA sejak awal berupaya untuk memenuhi kebutuhan kereta yang sesuai dengan karakteristik masyarakat dan keadaan di Bangladesh dengan melakukan studi di lapangan.

"Jadi sebelumnya, beberapa personel PT INKA ke sini untuk melihat karakteristik masyarakat Bangladesh ketika naik kereta seperti apa, sistem operasionalnya seperti apa, perawatannya seperti apa," ujar Triono.

Berdasarkan pengamatan tersebut, lanjutnya, PT INKA memandang perlunya perawatan kereta yang lebih baik di Bangladesh, sehingga PT INKA mencoba menawarkan kontrak layanan perawatan kereta.

PT INKA pertama kali membuat kereta khusus untuk Bangladesh pada 2005, dan kemudian berlanjut pada 2016 mendapat tender proyek penyediaan sejumlah 150 kereta yang sekarang telah beroperasi di Dhaka. Kereta-kereta yang telah beroperasi tersebut mengangkut penumpang dari Dhaka menuju ke berbagai kota di Bangladesh.

PT INKA pun telah memenangkan tender penyediaan sebanyak 250 kereta penumpang untuk Bangladesh pada 2018, dan pengiriman awal dari 250 kereta pesanan tersebut akan dimulai pada Januari 2019.

Selanjutnya, PT INKA sedang mengikuti proses tender di Bangladesh untuk penyediaan kereta bagasi dan gerbong barang, dan proses tender tersebut sedang memasuki tahap penilaian dokumen dan harga.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id