LPEI Dampingi Produk UKM Tembus Pasar Dunia

Ilham wibowo 29 Oktober 2018 15:57 WIB
indonesia eximbank
LPEI Dampingi Produk UKM Tembus Pasar Dunia
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Jakarta: Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendorong para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mendorong ekspor ke pasar global. Penguatan produk bakal dilakukan dengan berbagai program seperti pendampingan pemanfaatan teknologi digital.

"Saat ini 15 persen dari portofolio kami itu produk UKM dan itu juga dalam sektor yang hampir sama untuk dikembangkan misalnya perikanan, kayu, dan olahan kayu," kata Direktur Eksekutif LPEI Sinthya Roesly di kantor pusat LPEI, Prosperity Tower Lantai I District 8 SCBD, Jakarta, Senin, 29 Oktober 2018.

Sinthya menuturkan ekonomi digital punya peran penting dalam mengakselerasi pasar bagi produk UKM. Kapasitas UKM berorientasi ekspor juga bakal didampingi melalui Coaching Program for New Exporters (CPNE). Program ini dibuat untuk menyiapkan sebanyak mungkin calon-calon eksportir yang handal dan tangguh, baik ekspor secara langsung maupun tidak langsung dan siap bersaing di pasar global.

CPNE tahun ini menargetkan 100 UKM menjadi GoLive di marketplace global. Peningkatan jumlah UKM ditargetkan meningkat dua hingga dua kali lipat pada 2019 untuk terus mendorong bisnis kerakyatan.

"Tahun ini kita targetkan 1.000 UKM lebih melakukan pendampingan dan 100 UKM sudah GoLive. Ini memang tidak bisa kita tinggalkan dari perdagangan dunia yang bukan hanya konvensional fisikal trade tapi juga melalui digital ekonomi ini," ungkapnya.

Pendampingan dalam program ekonomi digital ini juga ditujukan agar produk UKM merambah pasar ekspor nontradisional seperti beberapa negara di Benua Afrika. Beragam kemudahan bakal diberikan bagi pelaku usaha yang bersemangat untuk berinovasi melahirkan produk unggulan ekspor.

"Dalam hal ini e-commerce menjadi suatu tema sentral dari pemerintah sekarang, sudah ada roadmap dan inisiatif yang macam-macam dari sisi digital ekonomi dan fintech," tuturnya.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id