Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo).
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo).

Rudiantara: Profesi Akuntan akan Punah

Ekonomi akuntan
Annisa ayu artanti • 13 Desember 2018 10:43
Jakarta: Akan banyak pekerjaan-pekerjaan yang tergantikan oleh teknologi di masa depan. Salah satunya yang akan punah adalah akuntan. Perkembangan teknologi di masa depan akan menggantikan pekerjaan-pekerjaan rutin dan teknikal.

"Ini (teknologi) yang akan mengurangi sebenarnya pekerjaan yang rutin-rutin seperti model akuntan. Mohon maaf yang teknikal ini sebentar lagi habis digantikan oleh teknologi," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, di Gedung BEI, Jakarta, Kamis, 13 Desember 2018.

Contoh pekerjaan rutin yang akan tergantikan adalah jasa sampling pertanian. Rudiantara menuturkan sekarang petani tidak perlu secara manual mengukur suhu dan hara suatu tanah. Petani tinggal menggunakan sensor untuk mengetahui kondisi tanah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Jadi tidak perlu kirim orang (untuk) sampling, sudah memakai sensor. Ini sudah banyak dimulai," ucap dia. Dengan begitu penggunaan teknologi akan menciptakan efisiensi pada bisnis pertanian.

Selain itu teknologi juga sudah banyak digunakan di industri perbankan. Rudiantara menambahkan di Indonesia sudah banyak perbankan yang tidak menggunakan jasa customer service. Mereka menggantikannnya dengan menggunakan check board.

"Bank sudah tidak lagi menggunakan customer service, mereka menggunakan check board," tukas dia.




(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi