Kawasan Industri Menarik Minat Investor
Menperin Airlangga Hartarto. ANT/Wahyu Putro.
Jakarta: Kawasan Industri memiliki peranan khusus untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional, salah satunya dengan terbukanya lapangan kerja yang luas, sehingga berdampak baik pada produktivitas masyarakat.

Menteri Perindustrian Arilangga Hartarto menjelaskan pertumbuhan industri di suatu wilayah ditentukan dengan kawasanya yang dapat menarik investor.

"Kawasan industri dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan penyediaan infrastruktur, dan menyediakan lapangan kerja luas, serta menarik investasi," ujarnya saat menghadiri Halal bihalal yang diadakan oleh Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI), di Gren Melia, Jakarta, Kamis, 28 Juni 2018.

Ia menambahkan, kawasan industri yang menjadi salah satu pendukung terwujudnya Industri 4.0 perlu meningkatkan sarana dan prasarana,disamping meningkatkan nilai lebih setiap perusahaan. "Dengan peningkatan efektifitas supply chain, anta lain seperti smart logistic system, smart permit system, smart enviromental control dapat meningkatkan produktivitas," tambahnya.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan kawasan industri mengalami peningkatan dari sisi jumlah dan luasnya. Seperti pada 2017 kawasan industri telah mencapai 87 kawasan dimana pada 2014 sebanyak 74 kawasan industri. Sedangkan luas mengalami peningkatan sebesar 64,6 persen dari 36.000 hektare (ha) menjadi 59.700 ha.

"Sampai pada 2017, terdapat 21 rekomendasi kawasan industri yang telah diterbitkan Kemenperin dengan luas 13.155 ha," pungkasnya.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id