Airnav Denpasar Bidik Peningkatan Penerbangan 35 Slot Setiap Jam

Dian Ihsan Siregar 23 November 2018 12:20 WIB
airnav
Airnav Denpasar Bidik Peningkatan Penerbangan 35 Slot Setiap Jam
Kegiatan di ruang kontrol Airnav di Bandara Ngurah Rai. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Denpasar: Airnav Indonesia cabang Denpasar, Bali, membidik peningkatan kapasitas layanan navigasi di Bandara Internasional Ngurah Rai menjadi 35 slot time penerbangan (kedatangan maupun keberangkatan) di setiap jamnya per 2019. Posisi saat ini masih 30 penerbangan setiap jamnya.

General Manager Airnav Indonesia Cabang Denpasar Rosedi menyatakan peningkatan slot penerbangan seiring dengan keberadaan tower air traffic control (ATC) baru yang telah dioperasikan per 1 September 2018. Manfaat tower baru pun telah dirasakan pada saat pelaksanaan annual meeting IMF dan World Bank yang telah terlaksana pada Oktober lalu.

"Komitmen pelayanan navigasi terbaik sudah menjadi misi kami, harus lebih baik dari negeri tetangga yang ada di Singapura dan Malaysia. Pergerakan pesawat juga berdampak," kata Rosedi kepada wartawan di kantor Airnav Indonesia cabang Denpasar‎, Bali, Kamis, 22 November 2018.

Menurutnya pergerakan pesawat di Bandara Ngurah Rai meningkat 10 persen setiap tahunnya. Sehingga peningkatan itu harus diantisipasi sebaik mungkin. "2016 trafik pergerakan hingga mencapai 139.287 pesawat, tahun lalu menjadi 147.256 pesawat. Sedangkan hingga Oktober tahun ini sudah tercatat 135.721 pesawat," sebut dia.

Komposisi pergerakan pesawat, sambung dia, masih banyak dari penerbangan domestik yang mencapai 54 persen, sedangkan sisanya penerbangan internasional. "Beda tipis antara domestik dan internasional, domestik 54 persen dan 46 persen itu internasional," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Manajer Perencanaan dan Evaluasi Operasi AirNav Indonesia Cabang Denpasar I Gede Cakra Warsita menambahkan demi mendukung kinerja tower baru, Airnav telah kedatangan sumber daya manusia (SDM) yang baru. Sebanyak enam orang akan sibuk mengurusi ATC dan lima orang untuk mengerjakan teknisi.

"Total SDM di Airnav Indonesia cabang Denpasar ini ada 187 orang. Itu yang mengerjakan semua untuk menyukseskan penerbangan di Bandara Ngurah Rai. Mereka pahlawan yang tidak kelihatan," tukas Cakra Warsita.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id