Ilustrasi OJK (MI/RAMDANI)
Ilustrasi OJK (MI/RAMDANI)

OJK Selektif Pilih Calon Investor Bank Muamalat

Ekonomi ojk perbankan bank muamalat
Nia Deviyana • 20 Desember 2018 07:47
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan selektif dalam menyetujui calon investor dari Bank Muamalat. OJK berharap investor tersebut tidak sekadar membawa modal, tetapi bisa membawa bank syariah ini bersaing dengan bank konvensional.
 
"Untuk Bank Muamalat kita perlu lebih hati-hati karena yang kita inginkan bank ini punya permodalan kuat. Caranya investornya harus benar-benar kredibel dan bertanggung jawab," ujar Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Heru Kristiyana, di Kompleks Perkantoran BI, Rabu, 19 Desember 2018.
 
Dirinya mengatakan sejauh ini sudah ada banyak pihak yang mengajukan diri sebagai calon investor, tetapi OJK masih melakukan peninjauan dan penilaian. "OJK perlu menilai bahwa selain jadi bank besar, kedepannya Bank Muamalat harus tahu ingin mengembangkan banknya seperti apa," kata dia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Heru mengaku pihaknya terus memberi perhatian terhadap pertumbuhan bank syariah di Indonesia. "Kalau kita lihat bank konvensional terus memperkuat diri dengan cara merger. Saya maunya bank syariah juga tidak ketinggalan dan punya kualitas yang sama bagusnya," tukasnya.
 
Sebelumnya, para pemegang saham menyetujui Ilham Habibie cs menjadi pemegang kendali di PT Bank Muamalat Tbk pada Rapat Umum Saham Luar Biasa (RUPSLB).
 
Adapun investor pimpinan Iham Habibie akan menyuntikkan modal sebanyak Rp2 triliun melalui mekanisme right issue dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Dengan demikian, Ilham Habibie cs memegang 60 persen kepemilikan saham di bank syariah tertua di Indonesia itu.
 
Untuk diketahui, kinerja Bank Muamalat tergerus oleh lonjakan pembiayaan bermasalah atau Non Performing Finance (NPF). NPF Bank Muamalat itu bahkan sempat di atas lima persen, lebih tinggi daripda batas maksimal ketentuan regulator.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif