Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan rencana pemerintah mencabut subsidi LPG 3 kg bertujuan untuk efisiensi. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan rencana pemerintah mencabut subsidi LPG 3 kg bertujuan untuk efisiensi. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Pencabutan Subsidi LPG 3 Kg Diklaim Demi Efisiensi

Ekonomi gas elpiji luhut panjaitan
Eko Nordiansyah • 17 Januari 2020 14:19
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan rencana pemerintah mencabut subsidi LPG 3 kg bertujuan untuk efisiensi. Menurut dia, tidak ada rencana pemerintah menyusahkan masyarakat lewat kebijakan ini.
 
"Tidak ada rencana merugikan masyarakat. Konteksnya efisiensi," tegas Luhut di Kantor Kemaritiman, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Januari 2020.
 
Dirinya menambahkan, pemerintah ingin subsidi LPG 3 kg hanya dinikmati oleh orang-orang yang membutuhkan. Pasalnya selama ini subsidi LPG 3 kg dinilai tidak tepat sasaran sehingga akan dilakukan subsidi secara tertutup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua subsidi akan bertahap kita kurangi tapi kita akan berikan langsung kepada yang kebutuhkan. Karena kelihatannya kurang efisien," ungkap dia.
 
Pemerintah ingin mengendalikan penyaluran subsidi LPG 3 kg secara tertutup agar lebih tepat sasaran melalui pembatasan dan penerapan harga sesuai dengan keekonomian pasar.
 
Sekretaris Jenderal Kmeneterian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial mengatakan LPG 3 kg merupakan salah satu komponen subsidi terbesar yang mengandalkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
"Kita ingin mengendalikan, karena itu salah satu kontribusi subsidi terbesar di republik ini," kata Ego ditemui di kantor SKK Migas, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Ego mengatakan saat ini Kementerian ESDM tengah membangun sistem untuk mendistribusikan subsidi tertutup tersebut. Mekanisme subsidi tertutup yakni langsung disalurkan kepada masyarakat yang memang berhak membutuhkan. Sebab saat ini pengguna LPG tabung melon tidak dibatasi, artinya masyarakat yang mampu saat ini masih bisa mengkonsumsi LPG 3 kg
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif