BPJS Kesehatan. Foto : MI/Ramdani.
BPJS Kesehatan. Foto : MI/Ramdani.

Masyarakat Tak Perlu Takut dengan Penagih Iuran BPJS Kesehatan

Ekonomi BPJS Kesehatan
Nia Deviyana • 07 November 2019 00:09
Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan kader yang direkrut untuk menagih iuran peserta menunggak tidak seperti debt collector bank sehingga masyarakat tidak perlu takut.
 
Kepala Humas BPJS M Iqbal Anas Ma'ruf menjelaskan program kader JKN-KIS bersifat kemitraan antara BPJS Kesehatan dengan individu pilihan yang memiliki kapasitas sesuai persyaratan dan kriteria tertentu.
 
"Misalnya tokoh penduduk desa setempat, memiliki pengalaman dalam organisasi kemasyarakatan atau keagamaan. Jadi beda dengan debt collector bank," jelas Iqbal saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 6 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iqbal menambahkan kader bertugas berkunjung ke rumah-rumah atau melakukan sosialisasi secara berkelompok. "Saat berkunjung, kader mencatat nomor kartu peserta dan kontaknya. Selanjutnya peserta binaan diedukasi dan diingatkan untuk membayar tunggakan," jelasnya.
 
Meski bertindak sebagai kolektor, Iqbal menekankan kader tidak boleh meminta pembayaran secara tunai, melainkan mengarahkan anggota membayar ke opsi-opsi pilihan pembayaran yang telah disediakan, seperti ATM atau minimarket.
 
Sebagai mitra, kader akan mendapatkan komisi sebesar 25 persen dari iuran tertunggak yang berhasil dikumpulkan. "Jadi imbal hasil berbanding lurus dengan capaian kinerja masing-masing," pungkasnya.
 
Penunggakan iuran oleh peserta menyebabkan defisit BPJS Kesehatan terus membengkak hingga mencapai Rp19,4 triliun di 2018.
 
Berdasarkan data Kementerian Keuangan (Kemenkeu), BPJS Kesehatan mengalami defisit Rp1,9 triliun pada 2014. Jumlah itu meningkat menjadi Rp9,4 triliun pada 2015, dan Rp6,7 triliun pada 2016. Lalu defisit BPJS Kesehatan membengkak dua kali lipat menjadi Rp13,8 triliun pada 2017 dan di 2018 defisitnya menjadi Rp19,4 triliun
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif