Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: MI/RAMDANI
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: MI/RAMDANI

Restrukturisasi Utang Krakatau Steel Ditargetkan Selesai Minggu Depan

Ekonomi krakatau steel
Annisa ayu artanti • 03 Desember 2019 07:29
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan restrukturisasi utang PT Krakatau Steel Tbk dapat rampung pada bulan ini. Restrukturisasi utang dilakukan agar Krakatau Steel kembali sehat. Erick mengatakan dari rangkaian tahap restrukturisasi saat ini tinggal menunggu satu proses untuk diselesaikan.
 
Setelah itu, pihak Kementerian BUMN akan mengumumkan hasil restrukturisasi perusahaan baja nasional. "Tapi masih ada satu proses yang mungkin nanti dalam satu minggu ini akan diumumkan," sebut Erick, di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.
 
Krakatau Steel telah menjalankan program restrukturisasi yang meliputi utang, bisnis, dan organisasi sejak semester II-2019. Langkah restrukturisasai ditempuh guna meningkatkan daya saing perusahaan agar lebih kompetitif secara global.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenai restrukturisasi utang, Krakatau Steel dan anak usahanya menandatangani perjanjian kredit untuk restrukturisasi keuangan dengan enam bank. Keenam perbankan di antaranya Bank Mandiri, BNI, Bank ICBC Indonesia, BRI, BCA, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia.
 
Dengan perjanjian tersebut perusahaan akan mendapatkan relaksasi pembayaran utang sehingga beban keuangan menjadi berkurang dan tenor atau jangka waktu pelunasan pinjaman jadi lebih panjang.
 
"Ini adalah bentuk upaya Krakatau Steel dan anak perusahaan dalam melakukan restrukturisasi secara menyeluruh dalam rangka menyehatkan kinerja finansial secara berkelanjutan," kata Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim.
 
Silmy meyakini melalui perjanjian kredit ini akan memudahkan perusahaan melakukan transformasi bisnis dan perbaikan operasional. "Nanti secara keseluruhan keuangan KRAS akan jadi lebih sehat," ungkap Silmy.
 
Awal November, Silmy mengungkapkan progres restrukturisasi utang ini sudah mencapai 78 persen. Ia berharap akhir tahun restrukturisasi selesai. Adapun secara keseluruhan, Krakatau Steel harus merestrukturisasi utangnya sebesar USD2,2 miliar.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif