Menaker Ida Fauziyah. FOTO: MI/SUSANTO
Menaker Ida Fauziyah. FOTO: MI/SUSANTO

Menaker Pastikan TKI di Hong Kong Aman dari Virus Korona

Ekonomi virus korona kemenaker
Eko Nordiansyah • 04 Februari 2020 07:32
Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Hong Kong dan Taiwan belum ada yang terpapar virus korona. Para TKI masih aman dari virus yang pertama kali menyebar di Tiongkok ini.
 
"So far sampai saya sebelum ke sini belum ada. Alhamdulillah bersyukur mereka baik baik saja belum ada laporan mereka terkena virus korona," kata dia, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin, 3 Februari 2020.
 
Ida menambahkan sejauh ini belum ada permintaan evakuasi dari TKI yang ada di sekitar Tiongkok. Jika diperlukan evakuasi sebagaimana warga Indonesia di Tiongkok, maka Ida memastikan pemerintah akan mengkoordinasikannya lebih lanjut demi menjami keselamatan mereka.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai hari ini belum ada ya (permintaan evakuasi), tentu saya kira keselamatan warga negara sangat dipertimbangkan. Tapi prisipnya Alhamdulillah dalam kondisi yang belum ada laporan ke kami terkena virus," ungkapnya.
 
Sementara itu, Ida memastikan, seluruh Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk ke Indonesia akan diperiksa sesuai dengan prosedur yang ada. Tak terkecuali apakah mereka pekerja atau bukan, sehingga pemerintah bisa melakukan pencegahan virus korona masuk ke Indonesia.
 
Pemeriksaan terhadap orang asing yang masuk ke Indonesia akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan otoritas di bandara maupun pelabuhan. Sementara itu, bebas visa untuk warga negara Tiongkok dihentikan sementara.
 
"Treatment-nya juga berbeda buat mereka yang berangkat dari Tiongkok, kemudian nanti dari Hong Kong dan Taiwan. Saya kira mereka juga akan ada deteksi sebelum mereka ke Indonesia. Nanti treatment-nya sama dengan yang dilakukan di sini," pungkas dia.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif