Ketua Umum APPI Suwandi Wiratno. (FOTO: MTVN/Angga Bratadharma)
Ketua Umum APPI Suwandi Wiratno. (FOTO: MTVN/Angga Bratadharma)

Pertumbuhan Multifinance Ditaksir hanya 1% di 2016

Ekonomi multifinance
Angga Bratadharma • 29 September 2016 16:51
medcom.id, Jakarta: Asosiasi Perusahaan Pembiayaan (APPI) memperkirakan pertumbuhan industri perusahaan pembiayaan (multifinance) di 2016 ini hanya akan berada di angka satu persen secara year on year (yoy). Kondisi ini seiring dengan masih belum menentunya perekonomian Indonesia.
 
Ketua Umum APPI Suwandi Wiratno mengatakan, target pertumbuhan industri perusahaan pembiayaan di 2016 awalnya berada di kisaran tiga persen sampai dengan lima persen. Namun, koreksi harus dilakukan karena ketidakpastian perekonomian masih terus berlanjut.
 
"Kami akhirnya mengoreksi pertumbuhan hanya menjadi di angka satu persen. Kami juga sudah berdiskusi dengan OJK dan OJK juga sudah mengaminkan," kata Suwandi, di Hotel Intercontinental, Jakarta, Kamis (29/9/2016).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, lanjut Suwandi, APPI memperkirakan penjualan sepeda motor akan tumbuh negatif yakni minus tujuh persen. Sedangkan penjualan mobil diperkirakan akan tumbuh di angka nol persen. Hal itu lantaran adanya daya beli masyarakat yang melemah.
 
"Sementara untuk proyeksi penjualan alat berat minus 20 persen dan pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berada di angka satu persen," tegas Suwandi.
 
Lebih lanjut, ia mengapresiasi OJK yang selalu menjalin kerja sama untuk menumbuhkan dan mengembangkan industri perusahaan pembiayaan di Tanah Air. Bahkan, OJK berkomitmen untuk menjaga momentum pertumbuhan dengan mengedepankan stabilitas jangka panjang.
 
"OJK partner kita untuk berdiskusi agar industri bisa terus tumbuh. Regulator mempunyai arah dan tujuan yang sama dengan kita untuk menumbuhkan industri. Dan itu adalah hal penting di mana regulator cukup kondusif," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif