NEWSTICKER
Manajemen Bank Sinarmas. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)
Manajemen Bank Sinarmas. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Dukung Literasi & Inklusi Keuangan, Bank Sinarmas Buka 4.000 Tabungan Pelajar

Ekonomi bank sinarmas
Husen Miftahudin • 12 Januari 2017 18:44
medcom.id, Jakarta: PT Bank Sinarmas Tbk berkomitmen untuk terus memperluas akses produk dan jasa lembaga finansial (inklusi keuangan) agar masyarakat semakin melek terhadap produk dan jasa lembaga keuangan (literasi).
 
Salah satu wujud mendukung inklusi dan literasi keuangan, Bank Sinarmas melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan membuka tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) bagi 4.000 murid Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Dasar (SD), Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
 
Direktur Bank Sinarmas Halim mengatakan kerja sama ini merupakan wujud untuk mendukung Gerakan Ayo Menabung yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Selain itu, dengan membuka tabungan bagi pelajar, dimaksudkan untuk menggalakkan masyarakat berinvestasi dan menabung sejak dini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Besarnya jumlah penduduk yang belum dewasa akan menjadi bonus demografi yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang. Oleh sebab itu, pengenalan budaya menabung dan berinvestasi sejak dini merupakan hal yang krusial," ujar Halim melalui keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (12/1/2017).
 
Hingga saat ini, Bank Sinarmas telah membuka 21.066 tabungan SIMPEL dengan nilai mencapai Rp2,4 miliar. Halim menambahkan, Bank Sinarmas ke depannya juga akan terus meningkatkan edukasi agar para pelajar gemar menabung melalui SIMPEL.
 
Menurutnya, budaya menabung merupakan faktor penting untuk menurunkan kesenjangan antara ketersediaan dana dalam negeri dan kebutuhan dana investasi (saving-investment gap). Rasio menabung di Indonesia berkisar 30,87 persen dari PDB, lebih rendah ketimbang negara-negara Asia lainnya seperti Tiongkok yang mencapai 48.87 persen, Singapura 46,73 persen, dan Korea Selatan 35,11 persen.
 
Kepala Departemen Pengawasan Bank 3 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Teguh Supangkat mengatakan, Bank Sinarmas merupakan salah bank yang cukup aktif mendukung program pemerintah. Dari gerakan menabung, jaring, sampai ke program-program kerakyatan.
 
"Dengan program SIMPEL bisa meningkatkan inklusi keuangan. Kami menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Bank Sinarmas terhadap program-program pemerintah," tutup Teguh.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif