UMKM Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Yogyakarta Lampaui Nasional
UMKM Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Yogyakarta Lampaui Nasional. (FOTO: Medcom.id/Arif)
Yogyakarta: Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih menjadi penopang utama dari perekonomian Yogyakarta. Dari data yang disampaikan tampak bahwa daya tahan UMKM membuat pertumbuhan ekonominya tumbuh di atas ekonomi Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kanwil DIY Budi Hanoto mengatakan bahwa kontribusi UMKM terhadap perekonomian yogyakarta mencapai 94,6 persen. Sementara itu UMKM mampu menyerap 79 persen dari total lapangan kerja. Dari jumlah itu industri pengolahan, perdagangan, serta perhotelan yang paling banyak menopang tenaga kerja.

Dia juga mengatakan sektor itu relatif kuat terhadap perlambatan ekonomi yang menimpa nasional. Dalam lima tahun terakhir pertumbuhan ekonomi Yogyakarta selalu di atas nasional. Selama lima tahun terakhir serapan tenaga kerja tumbuh di atas lima persen dengan peningkatan ekspor yang mencapai di atas 20 persen.

Dia menambahkan hal itu akan didukung dengan langkah BI yang berusaha mengendalikan inflasi. BI berusaha  mengendalikan inflasi yogyakarta untuk berada 3,11 persen di bawah target nasional sebesar 3,41 persen. Stabilitas keuangan terjaga dengan pertumbuhan kredit sebesar 10 persen.

Selain itu pada akhir tahun ini pertumbuhan ekonomi yogyakarta akan ditargetkan pada 5,2-5,6 persen. Target ini di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang dipatok mencapai 5,4 persen dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018. Adapun untuk mencapai ini UMKM diharapkan bisa memperluas pasar ekspor.

"Kita akan menjaga iklim usaha yang sehat dan padat karya serta berorientasi ekspor. Kita akan mengembangkan berbagai wilayah kluster ekonomi  yang akan mendukung penetrasi UMKM," jelas dia, di Yogyakarta, Senin, 7 Mei 2018.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id